Jumat 29 Jan 2021 12:58 WIB

Gus Baha: 4 Hal yang Lebih Baik dari Surga Itu Sendiri

Semua Muslim ingin masuk surganya Allah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Gus Baha: 4 Hal yang Lebih Baik dari Surga Itu Sendiri
Foto: Pixabay
Gus Baha: 4 Hal yang Lebih Baik dari Surga Itu Sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua Muslim ingin masuk surganya Allah. Namun, apakah kalian tahu ternyata ada empat hal dari surga yang lebih baik daripada surga itu sendiri. Ini disampaikan oleh KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam kitab Nashoihul Ibad Maqolah.

“Pertama, keabadian di surga lebih baik dari surga itu sendiri. Artinya, panjangnya durasi seseorang di surga itu lebih nikmat daripada wujud surga itu sendiri. Jika seseorang hanya sehari di surga, itu akan amat tersiksa,” kata Gus Baha dalam kajian "Jangan Mengeluh, Nanti Rezekimu Tambah Seret" di kanal Youtube Santri Gayeng.

Baca Juga

Kedua, pelayanan malaikat terhadap penghuni surga. Dengan mendapatkan pelayanan malaikat ini menunjukkan seberapa tinggi derajat seseorang di surga. Ketiga, bersanding dengan para nabi di surga.

Bagi penduduk surga, itu lebih baik daripada surga itu sendiri. Allah berfirman dalam surat an-Nisa ayat 69:

وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ فَاُولٰۤىِٕكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَالصّٰلِحِيْنَ ۚ وَحَسُنَ اُولٰۤىِٕكَ رَفِيْقًا -

Wa may yuṭi'illāha war-rasụla fa ulā`ika ma'allażīna an'amallāhu 'alaihim minan-nabiyyīna waṣ-ṣiddīqīna wasy-syuhadā`i waṣ-ṣāliḥīn, wa ḥasuna ulā`ika rafīqā.

“Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement