Senin 01 Feb 2021 08:47 WIB

Sumber: Exxon-Chevron Pernah Bahas Merger Awal 2020

Penggabungan Exxon dan Chevron akan menghadapi rintangan yang signifikan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
ExxonMobil . Ilustrasi. ExxonMobil Corp pernah melakukan pembicaraan merger dengan Chevron Corp pada awal 2020 lalu.
Foto: Google
ExxonMobil . Ilustrasi. ExxonMobil Corp pernah melakukan pembicaraan merger dengan Chevron Corp pada awal 2020 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kepala Eksekutif atau CEO ExxonMobil Corp dan Chevron Corp telah mengadakan pembicaraan pendahuluan pada awal 2020 untuk menjajaki penggabungan dua produsen minyak terbesar AS itu. Ini akan menjadi merger terbesar sepanjang masa, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Diskusi-diskusi, yang tidak lagi aktif, menunjukkan tekanan yang dihadapi perusahaan paling dominan di sektor energi itu saat pandemi Covid-19 dan harga minyak mentah anjlok.

Baca Juga

Pembicaraan antara CEO Exxon Darren Woods dan CEO Chevron Mike Wirth cukup serius untuk menyusun dokumen hukum yang melibatkan aspek-aspek tertentu dari diskusi-diskusi merger, kata salah satu sumber. Alasan pembicaraan berakhir tidak dapat dipelajari.

Sumber meminta anonimitas karena masalah tersebut bersifat rahasia. Exxon dan Chevron, yang memiliki kapitalisasi pasar masing-masing 190 miliar dolar AS dan 164 miliar dolar AS, menolak berkomentar.

Saham Exxon dan Chevron menukik tahun lalu setelah perang harga Saudi-Rusia dan dampak dari wabah virus corona baru menyebabkan harga minyak turun. Saham Exxon terpukul paling parah, karena investor menyuarakan kekhawatiran tentang profitabilitas jangka panjang dan keputusan pengeluaran perusahaan.

Dalam pembicaraan mereka, CEO Exxon dan Chevron membayangkan mencapai sinergi melalui pemotongan biaya besar-besaran untuk membantu mengatasi penurunan pasar energi, kata salah satu sumber. Pada akhir 2019, Exxon mempekerjakan sekitar 75.000 orang dan Chevron sekitar 48.000.

Menyusul pembicaraan yang dibatalkan dengan Exxon, Chevron kemudian mengakuisisi produsen minyak Noble Energy dalam kesepakatan tunai dan saham senilai lima miliar dolar yang diselesaikan pada Oktober.

Penggabungan Exxon dan Chevron akan menghadapi rintangan yang signifikan, termasuk kekhawatiran antimonopoli dan keberatan dari pesaing-pesaing perusahaan. Beberapa anggota parlemen AS, terutama Demokrat, menyalahkan Big Oil karena berkontribusi pada perubahan iklim, yang menjadi prioritas utama pemerintahan Presiden ASJoe Biden.

Berita tentang pembicaraan yang gagal muncul karena Exxon mendapat tekanan dari beberapa pemegang sahamnya atas arahan strategisnya.

Engine No. 1, sebuah perusahaan investasi berbasis di San Francisco, minggu lalu menominasikan empat direktur untuk dewan Exxon dan mendorong perusahaan untuk membelanjakan uangnya dengan lebih baik, mempertahankan dividennya, dan berinvestasi lebih banyak dalam energi bersih. Exxon juga berada di garis bidik hedge fund D.E. Shaw, yang menekan perusahaan untuk memangkas biaya dan meningkatkan kinerja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement