Selasa 02 Feb 2021 17:24 WIB

Terapi Pasien Covid-19, RSUD dr Moewardi Teliti Sel Punca

Diharapkan, penelitian ini memberikan sejumlah manfaat.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Medis perawatan pasien Covid19
Foto: VOA/Reuters
Medis perawatan pasien Covid19

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Solo, Jawa Tengah, melakukan penelitian terhadap sel punca atau stem cell sebagai terapi adjuvan bagi pasien Covid-19. Penelitian berjudul "Manfaat Terapi Adjuvan Sel Punca Mesenkimal Normoksia Berasal Satu Donor Tali Pusat Manusia pada Pasien Covid Derajat Berat" tersebut melibatkan 40 dokter dari berbagai disiplin ilmu di RSUD dr Moewardi.

Penelitian yang sama juga dilakukan oleh RSUP dr Sardjito Yogyakarta dan RSUP dr Hasan Sadikin Bandung. Penelitian terkait efektivitas sel punca mesenkimal untuk meningkatkan luaran terapi Covid-19 terutama derajat berat yang melibatkan berbagai disiplin ilmu tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan RSUD dr Moewardi.

Direktur RSUD dr Moewardi yang juga penanggung jawab penelitian, Cahyono Hadi, menjelaskan sel punca merupakan sel yang belum terdiferensiasi sehingga memiliki kemampuan untuk berkembang biak dan berdiferensiasi menjadi sel-sel lain yang lebih spesifik pada tubuh manusia.

Sel punca diklaim sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel atau jaringan pada tubuh. Sebab, sel punca mampu memperbaharui diri dengan membelah kemudian berdiferensiasi menjadi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh yang lebih spesifik.