Rabu 03 Feb 2021 08:55 WIB

Genose Diuji Coba di Stasiun Pasar Senen

Uji coba dilakukan sebelum penggunaan resmi Genose di Stasiun Pasar Senen 5 Februari.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas mengetes kantong nafas milik pegawai PT KAI (Persero) dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Ilustrasi
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Petugas mengetes kantong nafas milik pegawai PT KAI (Persero) dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerapan alat screening Gadjah Mada Electric Nose Covid-19 atau Genose C19 diuji coba hari ini (3/2) di Stasiun Pasar Senen. Hasil tes dengan alat Genose dapat menjadi syarat perjalanan bagi penumpang kereta api (KA) jarak jauh.

“Nanti tanggal 5 Februari 2021 sudah ada di Stasiun Tugu dan Pasar Senen. Sekarang dilakukan (uji coba) agar alat ini sudah siap saat nanti 5 Februari,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Pasar Senen, Rabu (3/2).

Budi menegaskan, Kemenhub juga ingin memastikan adanya keselamatan dalam transportasi kereta api selama masa pandemi Covid-19. Termasuk juga mengenai protokol kesehatan yang didukung dengan penerapan alat screening Genose.

“Kita harus memastikan mereka yang melakukan perjalanan aman dan tidak terpapar Covid-19. Kami juga meminta review detail agar penggunaan Genose efektif dilakukan,” jelas Budi.