Rabu 03 Feb 2021 08:59 WIB

Meski Pandemi, Paris Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

Olimpiade Tokyo 2020 ditunda satu tahun dan penyelenggara menghadapi tantangan berat

Red: Hiru Muhammad
Bendera Olimpiade Prancis 1924.
Foto: EPA/KAMIL ZIHNIOGLU/POOL MAXPPP OUT
Bendera Olimpiade Prancis 1924.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Paris akan siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 meskipun pandemi Covid-19 nantinya masih belum mereda karena panitia penyelenggara telah mengerjakan rencana darurat, kata ketua panitia Paris 2024 Tony Estanguet, Selasa (2/2).

Olimpiade Tokyo 2020 ditunda satu tahun dan penyelenggara menghadapi tantangan berat untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga sejagat itu Juli dan Agustus tahun ini saat krisis Covid-19 masih berkecamuk.

Berbicara kepada Reuters di Menara Eiffel, Estanguet mengatakan, Paris 2024 sedang mempersiapkan segala kemungkinan. "Ketika Anda menyelenggarakan acara seperti ini, Anda mencoba untuk mengantisipasi, tetapi tidak ada yang bisa membayangkan Covid-19 akan membuat kekacauan dalam hidup kita. Kita dapat memprediksi banyak hal, tetapi bukan ini," katanya.

"Yang menarik, melihat bagaimana kita dapat bereaksi terhadap peristiwa yang tidak terduga. Sejak awal tahun lalu, kami harus mengatur ulang dan mengerjakan konsep baru, dalam hal tempat pertandingan misalnya, untuk melihat bagaimana kita dapat beradaptasi dengan konteks baru.