Senin 08 Feb 2021 12:56 WIB

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Manfaat berjalan kaki santai ternyata tak hanya bisa menurunkan berat badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Manfaat berjalan kaki santai ternyata tak hanya bisa menurunkan berat badan (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Manfaat berjalan kaki santai ternyata tak hanya bisa menurunkan berat badan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan rutinitas jalan kaki setiap hari mungkin terdengar menyenangkan, bukan? Berjalan santai, menghirup udara segar atau jika beruntung, kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan beberapa kilogram. Tetapi apakah berjalan-jalan setiap hari benar-benar membantu kesehatan?

Untuk memahami bagaimana berjalan dapat membantu kesehatan secara keseluruhan, Dr. Amy Lee, Kepala Nutrisi untuk Nucific, memberikan tips untuk menjadikan rutinitas berjalan setiap hari dapat memberikan banyak manfaat. Berikut lima manfaat yang bisa didapatkan dari berjalan setiap hari, dilansir laman Eat This, Senin (8/2).

Baca Juga

Meningkatkan kesehatan mental

Memiliki rutinitas jalan kaki teratur bisa bagus untuk kesehatan. Manfaat ini tidak hanya tentang fisik, tetapi juga kesehatan mental.”[Anda memiliki] perasaan pencapaian dengan membakar kalori, [Anda] dapat menurunkan stres harian, dan Anda membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon 'perasaan baik',” kata Lee.

Dr. Lee juga merekomendasikan untuk memiliki "teman berjalan" dengan waktu yang teratur dan ditentukan. Hormon endorfin yang dihasilan dari aktivitas jalan-jalan juga membantu merasa sedikit lebih berenergi dan memiliki pola pikir lebih baik untuk sisa hari itu.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan ideal akan didapatkan jika jalan kaki dilakukan dengan tepat, baik dari berapa langkah ataupun energi yang disiapkan untuk berjalan kaki. Data menunjukkan bahwa ada manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan jika bisa melakukan 10.000 langkah sehari. “Itu setara dengan jarak sekitar 5 mil, tergantung pada panjang kaki dan langkah Anda,” katanya.

Menurunkan berat badan

Kendati berjalan 10.000 langkah dapat membantu menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, namun jika ingin benar-benar menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan perlu berjalan setidaknya 15.000 langkah dalam sehari. Atau bisa saja gabungkan jalan kaki dengan beberapa jenis latihan ekstra.

Berjalan lebih cepat, hitung waktu dan lihat berapa lama untuk bisa berjalan 10.000 langkah. Berjalan dengan mengaktifkan banyak otot, berjalan di tanjakan, untuk meningkatkan kardio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement