Senin 15 Feb 2021 12:37 WIB

Kelurahan Songgokerto Alami Retakan Tanah dan Tanah Ambles

BPBD Kota Batu telah memasangan tanda bahaya di sekitar retakan dan area yang ambles.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Bencana retakan tanah di Jalan Brigjen Moh. Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Foto: Dok. PUSDALOPS PB BPBD KOTA BATU
Bencana retakan tanah di Jalan Brigjen Moh. Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengungkapkan adanya retakan tanah dan tanah ambles di Jalan Brigjen Moh. Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Laporan ini diterima oleh BPBD Kota Batu pada Ahad (14/2).

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kota Batu menjelaskan, retakan tanah dilaporkan sudah terjadi kurang lebih dua pekan terakhir. Di sepanjang area warung Payung I terlihat retakan tanah dan tanah ambles. "Bahkan, beberapa sudah melintang di jalan raya," kata Pusdalops BPBD Kota Batu dalam pesan tertulis kepada wartawan, Senin (15/2).

Menurut Pusdalops PB Kota Batu, ukuran dimensi dari retakan tanah bervariasi. Yakni, panjang 46 meter (m) lebar mulai 3 centimeter (cm) sampai 15 cm. Dimensi retakan ini mengakibatkan struktur bangunan di lokasi retak dan rusak. 

Sepanjang pinggir jalan area warung juga terlihat ada retakan dan tanah ambles. Hal ini mengakibatkan tiga warung bagian kamar mandi mengalami retakan bangunan yang parah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement