Jumat 19 Feb 2021 06:20 WIB

Ratusan Ribu Vaksin AstraZeneca Tiba di Rumania

163.200 dosis vaksin AstraZeneca tiba pada Kamis (18/2).

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Perusahaan farmasi AstraZeneca akan membeli pengembang obat asal Amerika Serikat (AS), Alexion Pharmaceuticals.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Perusahaan farmasi AstraZeneca akan membeli pengembang obat asal Amerika Serikat (AS), Alexion Pharmaceuticals.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Gelombang pengiriman vaksin AstraZeneca yang terdiri dari 163.200 dosis tiba pada Kamis (18/2) di Institut Nasional Penelitian Pengembangan Medis-Militer 'Cantacuzino'. Kabar ini disampaikan oleh Komite Koordinasi Nasional untuk Vaksinasi melawan COVID- 19 Rumania (CNCAV).

Dalam pernyataan rilis CNCAV disebutkan transportasi vaksin disediakan oleh perusahaan yang memproduksi. Rencananya vaksin akan dibawa ke Ibu kota Bucharest melalui jalur darat.

Baca Juga

"Dosis tersebut akan disimpan di National Storage Center, dan pada periode selanjutnya akan didistribusikan ke pusat-pusat regional yang ada," tulis keterangan resmi CNCAV sebagaimana dilansir dari kantor berita Bernama pada Kamis (18/2).

CNCAV menyebut Pusat Penyimpanan Nasional untuk vaksin COVID-19 di dalam Cantacuzino sepenuhnya disahkan dan didukung oleh Otoritas Nasional untuk Obat-obatan dan Alat Kesehatan Rumania (ANMDMR). Lembaga tersebut punya otoritas nasional karena memiliki kompetensi di bidang produk obat-obatan untuk digunakan oleh manusia.

Setelah menerima otorisasi dari ANMDMR, 'Cantacuzino' dapat mengambil peran sebagai distributor, penyimpanan, penjagaan dan pengiriman obat-obatan yang memerlukan kriteria tambahan. Vaksin AstraZeneca adalah vaksin ketiga melawan COVID-19 yang tersedia untuk kampanye vaksinasi di negara-negara anggota Uni Eropa.

Baca juga : Perjuangan Muslim Napoli Kuburkan Jenazah Korban Covid-19

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement