Rabu 24 Feb 2021 01:31 WIB

AS Tangkap Istri 'El Chapo' atas Tuduhan Perdagangan Narkoba

Emma Coronel Aispuro, 31, ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia

Red: Nur Aini
Otoritas Amerika Serikat pada Senin (23/3) menangkap istri Joaquin
Otoritas Amerika Serikat pada Senin (23/3) menangkap istri Joaquin "El Chapo" Guzman Loera, pemimpin kartel narkoba Meksiko yang dikenal sebagai Sinaloa Cartel, di Virginia

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Otoritas Amerika Serikat pada Senin (23/3) menangkap istri Joaquin "El Chapo" Guzman Loera, pemimpin kartel narkoba Meksiko yang dikenal sebagai Sinaloa Cartel, di Virginia

Baca Juga

Menurut Departemen Kehakiman, Emma Coronel Aispuro, 31, ditangkap di Bandara Internasional Dulles terkait dengan dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional. Aispuro yang berkebangsaan ganda AS-Meksiko itu dijadwalkan untuk hadir pertama kali di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia melalui konferensi video pada Selasa .

"Menurut dokumen pengadilan, Aispuro didakwa berpartisipasi dalam konspirasi untuk mendistribusikan kokain, metamfetamin, heroin dan mariyuana untuk diimpor ke AS," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Dia juga dituduh bersekongkol dengan orang lain untuk membantu Guzman dalam pelariannya pada 11 Juli 2015 dari penjara Altiplano, yang terletak di Almoloya de Juarez, Meksiko. Setelah Guzman ditangkap kembali di Meksiko pada Januari 2016, Coronel Aispuro diduga kembali terlibat dalam perencanaan pelarian dari penjara bersama orang lain sebelum ekstradisi Guzman ke AS pada Januari 2017.

Gembong narkoba itu dijatuhi hukuman oleh hakim di Distrik Timur New York pada 2019 atas perannya sebagai pemimpin Kartel Sinaloa.

"Coronel Aispuro didakwa dalam satu tuntutan pidana dengan konspirasi untuk mendistribusikan satu kilogram atau lebih heroin, lima kilogram atau lebih kokain, 1.000 kilogram atau lebih ganja, dan 500 gram atau lebih metamfetamin untuk impor secara ilegal ke AS," tambah pernyataan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement