REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI telah menyelesaikan perbaikan jalur kereta api (KA) yang sempat terdampak banjir dan tergenang. Mulai hari ini, seluruh keberangkatan KA dari area Daop 1 Jakarta kembali berjalan normal.
Menurut Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, secara total terdapat 15 keberangkatan dari Daop 1 Jakarta. Delapan KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan tujuh KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen. "Seluruh KA tersebut akan berjalan normal pascaperbaikan jalur yang sempat ditutup," kata Eva dalam siaran pers, Rabu (24/2).
PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat cuaca ekstrim. Berikut Jadwal Keberangkatan Seluruh KA dari Area Daop 1 Jakarta pada Rabu 24 Feb 2021 :
Stasiun Pasar Senen
1. KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB
2. KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB
3. KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB
4. KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB
5. KA 106 Jayabaya (Pasar Senen-Malang) keberangkatan pukul 16.45 WIB
6. KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB
7. KA 306 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 20.35 WIB
Stasiun Gambir
1. KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB
2. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00
3. KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30
4. KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.00 WIB
5. KA 72A Gajayana (Gambir-Malang) keberangkatan pukul 18.10 WIB
6. KA 42 Argo Parahyangan (Gambir-Kiaracondong) keberangkatan pukul 18.40 WIB
7. KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 20.00 WIB
8. KA 4 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 20.30 WIB
Sebelumnya, cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah tersebut, pada Sabtu (20/2) menyebabkan meningkatnya debit air sungai Citarum dan Cibeet serta sejumlah bendungan. Kondisi tersebut membuat banjir di area jalur rel antara Lemah Abang - Kedung Gedeh dan menyebabkan pondasi jalur kereta api tergerus oleh derasnya arus banjir.
PT KAI Daop 1 Jakarta mengerahkan sekitar 200 pekerja untuk proses percepatan perbaikan dan menormalkan kembali jalur KA. PT KAI juga mengerahkan beberapa alat berat untuk mendukung proses percepatan penanganan yang terdiri dari 2 unit Multi Tie Tamper (MTT), 2 unit Profile Balast Regulator (PBR), 1 unit TG/Exavator Jalan Rel dan 1 unit Exavator mini.
Sementara untuk material batu balas yang digunakan dalam perbaikan tersebut berkisar lebih dari 1000 m3. Penanganan kondisi jalur rel agar dapat kembali dilalui KA berhasil diselesaikan pada Selasa siang (23/2) dan sejumlah KA mulai dioperasikan melalui jalur tersebut pada hari yang sama.