Kamis 25 Feb 2021 17:37 WIB

Pupuk Indonesia Bakal Terbitkan Obligasi Rp 2,75 Triliun

Penerbitan obligasi merupakan salah satu upaya melakukan diversifikasi sumber dana

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
PT Pupuk Indonesia (Persero) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,75 triliun melalui penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan II tahap II 2021.
Foto: Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia (Persero) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,75 triliun melalui penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan II tahap II 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,75 triliun melalui penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan II tahap II 2021. Direktur Keuangan Pupuk Indonesia Eko Taufik Wibowo mengatakan surat utang tersebut akan ditawarkan dalam tiga seri.

Sebelumnya, ucap Eko, penerbitan obligasi ini telah mendapat rating AAA dari Fitch Indonesia. "Kami melihat situasi pasar sedang bagus dan demand terhadap obligasi korporasi juga tinggi," ujar Eko di Jakarta, Kamis (25/2).

Baca Juga

Menurut Eko, penerbitan obligasi merupakan salah satu upaya perusahaan melakukan diversifikasi sumber pendanaan eksternal selain dari perbankan. Selain itu, Eko juga mengungkapkan optimisme target penerbitan dapat terserap oleh pasar. "Saat penawaran awal, sudah oversubscribed mencapai Rp 6 triliun," ungkap Eko.

Eko menyampaikan Pupuk Indonesia telah menunjukkan kinerja yang baik selama 2020, bahkan di tengah pandemi Covid-19. Eko menilai publik telah menunjukkan kepercayaan terhadap kredibilitas dan kesehatan finansial perseroan melalui rating AAA yang diterima Pupuk Indonesia.