Kamis 25 Feb 2021 19:15 WIB

Kapal Pengungsi Rohinga yang Hilang Berhasil Ditemukan

Penjaga pantai India memberikan bantuan ke kapal yang membawa pengungsi Rohingya itu.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Puluhan warga etnis Rohingya.
Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD
Puluhan warga etnis Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi (UNHCR) menyatakan, penjaga pantai India menemukan sebuah kapal yang membawa pengungsi Rohingya terapung di Laut Andaman, Kamis (25/2). Mereka pun memberi mereka makanan, air, dan perawatan medis.

UNHCR mengatakan penjaga pantai India menanggapi permintaannya dan mengerahkan tim pencarian dan penyelamatan. Belum ada komentar langsung dari pejabat angkatan laut dan penjaga pantai India atas pertolongan yang diberikan kepada pengungsi Rohingya.

Baca Juga

Juru bicara UNHCR, Catherine Stubberfield, menghargai upaya penjaga pantai India."Namun, mengingat para pengungsi masih terombang-ambing di laut, tanggapan segera sangat penting untuk memenuhi kebutuhan paling dasar manusia dan memastikan bahwa keselamatan mereka tidak lagi terancam," katanya.

Kapal itu diyakini telah meninggalkan Bangladesh dua pekan lalu dan rusak di laut. PBB dan kelompok hak asasi manusia telah melaporkan bahwa banyak dari sekitar 90 pengungsi di kapal menderita dehidrasi akut dan keluarga mereka di kamp pengungsi khawatir banyak yang mungkin sudah meninggal.

Badan PBB itu mengatakan, tidak mengetahui lokasi pasti kapal itu berada. Pada Senin (22/2), PBB telah memperingatkan negara-negara terdekat untuk mencari kapal dan mengatakan siap menawarkan bantuan kemanusiaan.

Direktur Proyek Arakan, Chris Lewa, mengatakan kelompoknya mendengar sedikitnya delapan orang meninggal di kapal. Lembaga ini memantau Muslim Rohingya yang melarikan diri dari penganiayaan dan kekerasan di Myanmar untuk kamp pengungsian di negara tetangga Bangladesh

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement