Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Pandemi Belum Usai, Lakukan 6 Kebiasaan Ini Agar Tetap Sehat

Jumat 26 Feb 2021 15:03 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Karta Raharja Ucu

Konsumsi buah-buahan dan minum air putih (ilustrasi)

Konsumsi buah-buahan dan minum air putih (ilustrasi)

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Enam kebiasaan sehat ini bisa dilakukan di rumah selama pandemi masih belum berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Walaupun pandemi belum berakhir, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi lebih sehat dan bugar di tahun ini. Mungkin sulit untuk menemukan motivasi karena gym masih tutup, tapi tidak berarti upaya untuk menjadi lebih sehat hilang. Berikut enam kebiasaan sehat di awal tahun yang bisa Anda terapkan di rumah, dilansir Pure Gym:

1. Minum lebih banyak air

Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Tidak heran, hidrasi sangat penting tapi sulit untuk mencapainya. Minum air yang cukup tidak hanya membantu fungsi otak, fungsi ginjal, dan pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan latihan Anda dengan membantu mencegah kram serta mengurangi kemungkinan pusing saat berolahraga.

Di Inggris, ada pedoman yang menyarankan minum enam hingga delapan gelas air per hari. Ini adalah kebiasaan sederhana yang dapat ditingkatkan dengan memastikan Anda memiliki akses air di mana pun berada. Menyimpan botol air yang dapat digunakan kembali akan mendorong Anda untuk minum lebih banyak daripada hanya meraihnya saat tanda dehidrasi mulai terasa.

2. Tidur enam sampai delapan jam

Anda disarankan untuk tidur selama enam hingga delapan jam per malam. Tidur tidak hanya membantu meningkatkan fungsi otak dan menurunkan stres, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kebugaran.

Tidur yang berkualitas dapat membantu meningkatkan pemulihan otot melalui pelepasan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Selain itu, juga membantu manajemen berat badan melalui regulasi leptin dan ghrelin, hormon yang memberi sinyal saat Anda merasa kenyang atau lapar.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA