Jumat 26 Feb 2021 19:00 WIB

Emil Minta Kepala Daerah yang Dilantik Kerja Ikhlas

Gubernur Jabar melantik lima pasangan kepala daerah hari ini.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Prosesi pelantikan kepala daerah oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (26/2).
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Prosesi pelantikan kepala daerah oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan tiga pesan kepada lima pasangan kepala daerah yang dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2). Pesan pertama adalah agar para kepala daerah menjaga benteng integritas. Karena banyak kepala daerah berjatuhan ketika integritasnya terganggu.

Kedua, kata dia, melayani masyarakat dengan ikhlas. Apalagi saat Covid-19 banyak orang marah, stres, dan ekonominya terpuruk. "Sehingga butuh pemimpin yang sabar, yang ikhlas dan turun ke masyarakat," katanya.

Ketiga, kata dia, dirinya mentitipkan pesan profesionalisme. Covid-19, ujarnya, mengajarkan masyarakat untuk tidak boleh biasa-biasa saja, melainkan harus luar biasa. Dengan beradaptasi, pemimpin harus punya teori baru membangun daerah masing-masing karena tidak bisa lagi menggunakan teori-teori lama.

"Jadi pesan integritas melayani sepenuh hati dan profesional mudah-mudahan menjadi bekal masing-masing saat langsung bertugas," katanya.

Provinsi Jabar, kata dia, nantinya akan membimbing mereka. "Yakni, dengan datang ke Bandung atau kita yang datang ke daerah masing-masing untuk memberikan penguatan-penguatan," katanya.

Mayoritas yang dilantik, kata dia, memang petahana kecuali Kabupaten Indramayu. Jadi, komunikasi bisa lebih maksimal. Emil pun mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu karena pelaksanaan pilkada yang dikhawatirkan akan memunculkan klaster penyebaran Covid-19 ternyata dengan kedisiplinan, tidak terjadi.

Ada lima kepala daerah yang diambil sumpah jabatan hari ini. Di antaranya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh. Kemudian Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. Juga Bupati Indramayu Nina Agustina dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim.

Selain itu, dilantik juga Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan. Kemudian Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Sembilan orang dari lima pasangan kepala daerah ini dilantik dan diambil sumpah secara langsung di Gedung Merdeka. Sementara Wakil Wali Kota Depok dilantik secara virtual karena masih dalam masa penyembuhan di rumah sakit.

"Alhamdulillah, lima kepala daerah kita dilantik hari ini, yaitu Kabupaten Pangandaran, kemudian Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, dan Kota Depok. Semua hadir kecuali Wakil Wali Kota Depok karena sedang sakit sehingga dilantik secara virtual di Depok," ujar Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement