Jumat 26 Feb 2021 22:54 WIB

MileniaNews  Dorong Generasi Muda Terampil Menulis  Berita

MileniNews mengundang kalangan milenial untuk mengirimkan karya tulisannya.

Red: Irwan Kelana
MileniaNews mengadakan workshop bertajuk Wrtie Like A Journalist, Rabu (24/2).
Foto: Dok MileniaNews
MileniaNews mengadakan workshop bertajuk Wrtie Like A Journalist, Rabu (24/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Milenianews sebagai portal media yang mengedepankan informasi bagi generasi milenial,  mengajak kaum muda belajar menulis berita. Portal berita dengan tagline “Info Terkini Generasi Milenial” ini, senantiasa hadir menyuguhkan informasi-informasi segar dan terkini, dengan gaya bahasa milenial.

Sebagai gerbang penyaji informasi-informasi terkini dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami, MileniaNews senantiasa hadir dan berbagi pengetahuan di bidang tulis menulis. Salah satunya melalui  kegiatan workshop dengan tema ‘Write Like A Journalist’ yang digelar secara daring melalui Zoom, Rabu (24/2) pukul 13.00-15.00 WIB.

Acara ini menghadirkan  Irwan Kelana, redaktur senior harian Republika, sebagai narasumber.

Irwan memaparkan materi tentang “Menulis dengan Gaya Seorang Wartawan” untuk generasi milenial. Dalam pemaparannya tersebut, ia menjelaskan bahwa menulis suatu peristiwa atau hasil wawancara harus sesuai dengan rumusan penulisan berita. Sehingga,  tulisan tersebut layak dimuat di media massa.

“Agar dapat menulis berita layaknya seorang wartawan, kita perlu terampil dalam menyusun dan merangkai kata sesuai dengan rumus penulisan berita,” ujarnya saat memaparkan materi, Rabu (24/2).

Menurutnya, ada banyak manfaat yang diperoleh jika terampil dalam menulis berita, yakni mampu mengelola tulisan di website sekolah/kampus, mengisi buletin sekolah/kampus, mengisi majalah dinding sekolah dan tulisan tersebut  bisa tampil di media cetak maupun online.

“Selain itu, jika kita terampil menulis berita, bisa magang jadi wartawan di sebuah media cetak maupun online, ikut lomba menulis berita, dapat beasiswa kuliah, juga dapat dijadikan portofolio untuk melamar pekerjaan,” ungkapnya.

“Untuk itu, kita perlu paham struktur berita, penulisan judul, teras berita, dan tubuh berita. Semua ini dimaksudkan agar berita yang kita buat mudah dipahami pembaca dan informasi yang tertulis sampai kepada pembaca dengan baik dan benar,” katanya.

Dalam acara yang digelar selama dua  jam lebih tersebut, Irwan berharap kegiatan workshop yang diselenggarakan MileniaNews ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi milenial dalam kegiatan menulis berita.

Selain memaparkan materi, Irwan juga mempraktikkan secara langsung cara menulis berita dengan rumus 5W+1H. 

“Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat dan keberkahan buat generasi milenial. Semakin terampil dan cakap dalam memberi informasi agar tak banyak lagi berita-berita hoaks  yang menyesatkan,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Rifqi Firdaus, kepala redaksi MileniaNews  mengaku punya hasrat lebih, dalam penyelenggaraan workshop ini. Ia ingin mengajak generasi muda agar bisa menulis secara baik, terutama dalam melaporkan kejadian atau pengalaman yang ingin dibagikan lewat tulisan.

"Saya ingin mengajak generasi muda, untuk belajar menulis yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Karena tulisan harus memuat informasi yang lengkap dan mudah dipahami saat dibaca khalayak luas.  Sehingga,  pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik dan akurat," katanya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa MileniaNews menjadi portal media yang menampung aspirasi generasi muda. 

"MileniaNews menerima kiriman berita atau rilis dari para pembaca. Cukup dengan mengirimkan tulisannya ke email [email protected]. Jika suka menulis karya sastra, ada kategori kertas kosong, suka nulis opini ada mata akademisi, juga bisa kirimkan tulisan dengan kategori lainnya," jelas Rifqi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement