Rabu 03 Mar 2021 08:26 WIB

Nongsa D-Town, Jembatan Digital Indonesia dan Singapura

Nongsa D-Town adalah kawasan ekonomi digital penghubung perusahaan IT kedua negara

Red: Hiru Muhammad
Nongsa D-Town adalah sebuah proyek visioner hasil kerja sama antara Citramas Group dan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global.
Foto: dok sinar mas land
Nongsa D-Town adalah sebuah proyek visioner hasil kerja sama antara Citramas Group dan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM--Lokasi Batam yang strategis, bersebelahan dengan Singapura telah menempatkannya sebagai lokasi strategis bagi perdagangan, investasi dan bisnis bagi Indonesia dan Singapura. Hal ini akan menambah kemampuan berkompetisi, lapangan kerja dan stabilitas ekonomi regional. "Batam dapat menjadi jembatan digital antara Indonesia dan Singapura," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto dalam sambutannya di sela peresmian Nongsa D-Town.

Nongsa D-Town adalah sebuah proyek visioner hasil kerjasama antara Citramas Group dan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global. Area tersebut didesain sebagai kawasan ekonomi digital yang akan menjadi jembatan penghubung berbagai perusahaan digital dan teknologi, antara Indonesia dan Singapura.

Nongsa D-Town diresmikan  secara virtual, Selasa (2/3)  Airlangga Hartarto serta Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chan Chun Sing, yang turut memberikan kata sambutan dalam acara peresmian tersebut. CEO Citramas Group, Mike Wiluan dan Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja dalam peresmian tersebut kemudian menjabarkan pembangunan proyek Nongsa D-Town dalam sesi talkshow bersama Dr. Beh Swan Gin, Chairman Singapore Economic Development Board) dan Suryopratomo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja, dalam keterangan tertulisnya menyampaikan  keberadaan Nongsa D-Town di kawasan eksklusif di Pulau Batam akan menjadi destinasi generasi muda dalam membangun industri, kreativitas, dan konektivitas di bidang kreatif dan teknologi digital. Fasilitas dan infrakstruktur mumpuni di Nongsa D-Town disiapkan tidak hanya untuk bekerja. Ia juga akan dilengkapi dengan pusat pelatihan digital untuk mempersiapkan talent-talent dengan keahlian yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan masa depan. "Keberadaan digital talent pool ini akan memantapkan ekosistem Nongsa D-Town sebagai pusat ekonomi digital di Indonesia," katanya.