Kamis 04 Mar 2021 14:50 WIB

Koalisi Arab Saudi Hancurkan Rudal Houthi yang Incar Jazan

Houthi mengaku lepaskan tembakan ke fasilitas perusahaan minyak Aramco di Jeddah.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Kelompok pemberontak Houthi Yaman
Foto: AP
Kelompok pemberontak Houthi Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAZAN -- Media-media Arab Saudi melaporkan koalisi pimpinan  Arab Saudi di Yaman berhasil menghancurkan rudal balistik kelompok pemberontak Houthi yang mengincar kota Jazan. Pada Kamis (4/3) Hothi mengatakan mereka melepaskan tembakan ke fasilitas perusahaan minyak Aramco di Kota Jeddah, Arab Saudi.

"Hari pasukan rudal menggelar serangan ke fasilitas perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco di Jeddah dengan rudal Quds 2, serangan ini tepat sasaran," kata juru bicara Houthi Yahya Sarea seperti dikutip Sputnik News.

Baca Juga

Arab Saudi tidak mengkonfirmasi mengenai serangan di Jeddah. Sebagian besar fasilitas minyak Aramco terletak di provinsi sebelah timur sekitar 1.000 kilometer dari Jeddah. Data dari Flightradar24 menunjukkan pola pesawat-pesawat di sekitar Jeddah ditahan atau dialihkan ke bandara lain.

Pada Februari terjadi bentrokan saat Houthi mencoba maju ke distrik Sirwah, Marib. Benteng strategis pemerintah Yaman yang menampung perkemahan militer yang terletak sekitar 30 kilometer dari ibukota provinsi.

Sejak tahun 2014 lalu Yaman diguncang perang antara pasukan yang loyal pada Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi dan pemberontak Houthi. Pada 2015 koalisi yang dipimpin Arab Saudi menggelar operasi militer untuk mengembalikan kekuasaan Mansur Hadi.

Houthi yang didukung Iran masih menguasai sebagian besar wilayah bagian utara Yaman termasuk Sana'a. Perang Yaman dianggap pertempuran perebutan kekuasaan antara Arab Saudi dan Iran di Timur Tengah.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement