RS di Solo Mulai Alih Fungsikan Tempat Tidur Pasien Covid-19

Red: Dwi Murdaningsih

Petugas medis melakukan penyaringan (screening) kepada seorang warga lanjut usia (lansia) penerima vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Menurut data Dinas Kesehatan Kota Solo, kuota vaksin COVID-19 Sinovac tahap kedua untuk lansia atau warga berusia di atas 60 tahun telah penuh dengan jumlah pendaftar melalui aplikasi daring mancapai 6.800 orang.
Petugas medis melakukan penyaringan (screening) kepada seorang warga lanjut usia (lansia) penerima vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Menurut data Dinas Kesehatan Kota Solo, kuota vaksin COVID-19 Sinovac tahap kedua untuk lansia atau warga berusia di atas 60 tahun telah penuh dengan jumlah pendaftar melalui aplikasi daring mancapai 6.800 orang. | Foto: MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Solo, Jawa Tengah mulai mengalihfungsikan tempat tidur yang biasanya disiapkan untuk pasien COVID-19 ke pasien dengan penyakit lain. Syaratnya, jika kasus covid-19 kembali naik, Rumah sakit harus siap.

"Silakan kalau mau dialihkan tetapi dengan syarat, jika sewaktu-waktu kasus (COVID-19) kembali meningkat, mereka harus siap," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih, Kamis (4/3).

Ia juga mengapresiasi kinerja rumah sakit swasta yang cukup sigap dalam menangani kasus COVID-19."Mereka cepat, begitu naik langsung ditambahi (tempat tidur) sendiri. Kerja sama bagus, swasta tidak harus kami kejar-kejar, tetapi mereka minta saya ada edaran agar tempat tidur dinaikkan," katanya.

Terkait dengan kesiapan tempat tidur di masing-masing rumah sakit, pihaknya mengoptimalkan sistem informasi rumah sakit (SIRS)."Saya tidak membatasi tetapi dioptimalkan, kalau harus 40 persen tetapi banyak menganggur kan 'eman-eman' (sayang). Namun tetap harus ada bangsal COVID-19 di setiap RS. Saya tidak membatasi," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan saat ini jumlah rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 di Kota Solo sebanyak 16 rumah sakit dengan ketersediaan 819 tempat tidur. Meski demikian, dari total tersebut saat ini tingkat keterisiannya tidak sampai 50 persen.

Menurut dia, akhir-akhir ini khususnya sejak penerapan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM), terjadi penurunan jumlah kasus yang cukup signifikan. Terakhir, berdasarkan data dari Pemkot Surakarta pada tanggal 4 Maret 2021 terjadi penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 13 kasus dengan jumlah kumulatif mencapai 9.564 kasus.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ditemukan Virus Corona Jenis Rusia, Apa Lagi Bedanya?

Operasi Jantung Pangeran Philip Berjalan Sukses

'Game Changer' Diharapkan Dorong Pemulihan Ekonomi

Menuju Transformasi Transaksi Tol Nirsentuh

Sertifikat Vaksinasi Uni Eropa Keluar Beberapa Bulan Lagi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark