Jumat 05 Mar 2021 15:25 WIB

Menkes Optimistis Vaksinasi Rampung dalam 12 Bulan

Butuh 362 juta dosis untuk 181 juta rakyat Indonesia.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Hal yang harus diperhatikan setelah menerima vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: republika
Hal yang harus diperhatikan setelah menerima vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Herd immunity merupakan upaya menghentikan laju penyebaran virus dengan cara membiarkan imunitas alami tubuh. Sehingga, daya tahan atau imunitas diharapkan akan muncul dan virus akan reda dengan sendirinya.

Dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Tanah Air, pemerintah berupaya agar herd immunity dapat segera terbentuk melalui vaksinasi yang dilakukan secara masif.

"Tantangannya satu, banyak yang rebutan di seluruh dunia. Banyak negara yang belum dapat, meskipun baru mulai. Kita dibandingkan negara Asia dan negara maju Alhamdulillah bisa mulai," demikian disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN - FMB9 secara daring, Jumat (5/3).

Budi juga mengatakan, dalam enam bulan ke depan Indonesia akan mendapat total sekitar 90 juta dosis dari total kebutuhan sekitar 362 juta dosis untuk 181 juta rakyat Indonesia. Ini berarti sampai dengan bulan September 2021, baru sekitar 45 juta masyarakat yang menerima vaksin.