Jumat 12 Mar 2021 23:38 WIB

Gunung Sinabung Karo Kembali Erupsi

Gunung Sinabung masih berstatus siaga III dan masyarakat diminta waspada.

Red: Ilham Tirta
 Pemuda Indonesia menyaksikan Gunung Sinabung memuntahkan material vulkanik saat terjadi letusan di Karo, Sumatera Utara, Indonesia, Kamis, 11 Maret 2021.
Foto: AP/Binsar Bakkara
Pemuda Indonesia menyaksikan Gunung Sinabung memuntahkan material vulkanik saat terjadi letusan di Karo, Sumatera Utara, Indonesia, Kamis, 11 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi pada Jumat (12/3), sekitar pukul 12.00 WIB. Abu vulkanik terlihat setinggi 50-200 meter di atas puncak kawahnya.

"Erupsi jelas hingga kabut," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin.

Gunung Sinabung memiliki ketinggian lebih kurang 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ia menjelaskan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan barat, sedangkan suhu udara 16-26 derajat Celcius.

"Jumlah guguran 18, amplitudo 3-120 mm, dan durasi 15-130 detik," katanya.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). Masyarakat diimbau agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak erupsi berupa gangguan kesehatan. Pihaknya juga meminta masyarakat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin (lahar hujan)," kata Natanail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement