Sabtu 13 Mar 2021 05:15 WIB

Virus Covid Varian B117 Diklaim Terkendali

Vaksin Sinovac diklaim masih efektif pada varian baru Covid-19.

Red: Budi Raharjo
Varian Virus Corona B117
Foto: Republika
Varian Virus Corona B117

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengindi kasikan penyebaran varian baru Covid- 19, B117 Inggris, di Indonesia masih terkendali. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, kondisi kesehatan enam pasien terinfeksi B117 saat ini telah pulih. Begitu juga dengan kontak erat keenam pasien yang telah dinyatakan negatif Covid-19.

"Kasus B117 sekarang semuanya sehat. Mereka tidak perlu pelayanan darurat dan sekarang semua sudah sembuh dan kasus kontak dengan mereka sudah kami ambil sampelnya, semua sudah dicek dan semua negatif. Ternyata semuanya sehat," kata Siti Nadia dalam webinar "Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2 di Indonesia", Jumat (12/3).

Pada 2 Maret lalu, Kemenkes mengumumkan dua kasus B117 di Karawang, Jawa Barat. Sementara itu, laporan terbaru GSAID, lembaga nirlaba pengumpul data genome virus influenza dan korona di dunia, menyatakan, selain dua kasus di Karawang, empat kasus lain ditemukan di empat provinsi di Indonesia. Yaitu, di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Nadia mengatakan, Indonesia saat ini telah memiliki total 16 laboratorium dengan kemampuan menganalisis whole genome sequences atau pengurutan keseluruhan genom dalam mendeteksi dini kemunculan varian baru. Di antaranya, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Libangkes), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), UIN Jakarta, dan Universitas Padjadjaran.