Senin 15 Mar 2021 14:40 WIB

Ilmuwan Ingin Simpan DNA 6 Juta Spesies di Bulan, Buat Apa?

Tabung lava di Bulan dianggap sebagai tempat aman untuk menyimpan DNA makhluk.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
DNA. Ilustrasi
Foto: Areck Socha/Pixabay
DNA. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para Ilmuwan ingin menyimpan 6,7 juta sampel sperma, sel telur dan DNA di dalam tabung lava yang berada di Bulan. Hal ini dilakukan agar gen manusia tetap ada walaupun ada bencana di Bumi seperti letusan gunung, perang nuklir dan sebagainya.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk menjadi penjaga keanekaragaman hayati dan sarana untuk melestarikannya. Belum semua teknologi yang dibutuhkan untuk proyek ambisius ini ada tetapi para peneliti berpikir hal itu dapat dibangun secara realistis dalam 30 tahun ke depan," kata Penulis Utama sekaligus Kepala Laboratorium Eksplorasi Robot Antariksa dan Terestrial (SpaceTREx) di Universitas Arizona Jekan Thanga dikutip dari livescience, Senin (15/3).

Baca Juga

Dia mengatakan materi genetik tersebut akan disembunyikan dengan aman di tabung lava Bulan. Tempat itu akan didukung oleh panel surya di atasnya.

Tabung lava bulan akan menyimpan materi genetik yang diawetkan secara kriogenik dari semua 6,7 ​​juta spesies tumbuhan, hewan dan jamur yang diketahui di Bumi. Dibutuhkan setidaknya 250 peluncuran roket untuk membawa materi genetik tersebut ke Bulan.