Senin 15 Mar 2021 21:37 WIB

Polisi Bubarkan Puluhan Mahasiswa Geruduk DPP Demokrat

Puluhan orang sore ini menggeruduk kantor DPP Demokrat menuntut klarifikasi AHY.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yudha Manggala P Putra
Puluhan orang yang mengaku mahasiswa memblokade Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan kantor DPP Partai Demokrat, Senin (15/3). Massa menuntut Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan klarifikasi terkait
Foto: Republika/Febryan A
Puluhan orang yang mengaku mahasiswa memblokade Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan kantor DPP Partai Demokrat, Senin (15/3). Massa menuntut Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan klarifikasi terkait

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi membubarkan puluhan orang mengaku mahasiswa yang menggelar demonstrasi di depan kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/3) malam. Sebab, aksi tersebut dinilai melanggar undang-undang dan membahayakan karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, puluhan orang yang berdemonstrasi itu dibubarkan pukul 20.30 WIB. Mereka tidak memberikan perlawanan ketika dibubarkan.

 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, pembubaran terpaksa dilakukan karena aksi itu melanggar Undang-undang (UU) Nomor 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum. "Jelas (aksi) ini sudah melanggar karena dilaksanakan malam hari," kata Hengki di lokasi.

 

Selain itu, kata dia, aksi demonstrasi ini digelar saat Ibu Kota masih dilanda pandemi Covid-19. "Menempatkan orang lain pada situasi yang berbahaya merupakan pelanggaran hukum. Ingat, sekarang itu masa pandemi," kata dia.

 

Hengki memastikan, para peserta aksi itu tidak diamankan oleh pihaknya. Para peserta aksi dibubarkan dan tak memberikan perlawanan karena sudah diberikan penjelasan.

 

Ia menambahkan, para peserta aksi itu memang mahasiswa dari sejumlah kampus. Ia pun menyarankan para mahasiswa itu untuk menyelesaikan persoalan dengan Partai Demokrat melalui prosedur yang berlaku.

Baca juga : Bank Mandiri Rombak Jajaran Direksi

 

Sebelumnya, puluhan orang berdemonstrasi di depan kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/3) malam. Mereka sempat memblokade Jalan Proklamasi sekitar lima menit dan mengakibatkan kemacetan.

 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id pukul 18.50 WIB, tampak massa berkumpul di depan pagar masuk utama kantor DPP Partai Demokrat. Mereka beroasi menuntut klarifikasi dari Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang mereka tuding mencatut nama kampusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement