Selasa 16 Mar 2021 10:18 WIB

Galang Aliansi Lawan Cina, Menlu AS Blinken Keliling Asia

Menlu AS tiba di Tokyo pada Senin (15/3) sebelum ke Korea Selatan

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Andrew Caballero-Reynolds/REUTERS
Andrew Caballero-Reynolds/REUTERS

Dalam lawatannya ke Asia, Menteri Luar Negeri Antony Blinken disertai oleh Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, dan delegasi keamanan. Kedua pejabat akan bertemu di Jepang untuk mengawali kunjungan pertama dengan jamuan bersama Perdana Menteri Yoshihide Suga.

Blinken nantinya akan mengakhiri kunjungan di Korea Selatan, sementara Austin bertolak ke New Delhi untuk bertemu dengan rekan sejawatnya, Rajnath Singh.

Kunjungan dua pejabat tinggi AS itu dilakukan ketika Presiden Joe Biden ingin memulihkan hubungan dengan sekutunya usai tahun-tahun penuh ketegangan di bawah bekas Presiden Donald Trump. Dalam jumpa pers bersama pada Senin (15/3), Austin dan Blinken mengatakan misi kunjungan ini adalah untuk "merevitalisasi hubungan diplomasi dengan negara sahabat dan mitra."

Keduanya mengatakan, agenda utama lawatan kali ini mencakup isu ketegangan dengan Cina. "Kombinasi kekuatan kita membuat kita lebih kuat, ketika harus menghadapi agresi dan ancaman dari Cina," tulis keduanya dalam keterangan pers.