Kamis 18 Mar 2021 14:22 WIB

Indonesia-Rusia Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital

Kedua negara juga mendorong promosi investasi pariwisata.

Red: Karta Raharja Ucu
Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Jose Antonio Morato Tavares membuka online bisnis forum.
Foto: Dokumentasi KBRI Moskow
Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Jose Antonio Morato Tavares membuka online bisnis forum.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- ​Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Jose Antonio Morato Tavares mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat Indonesia mendorong kerja sama ekonomi digital dengan Rusia. Kerja sama tersebut juga bisa berupa promosi investasi pariwisata Indonesia kepada Rusia, mengingat besarnya potensi kerja sama kedua negara.

"Ini waktu yang tepat untuk kita dorong kerja sama ekonomi digital kedua negara, dan promosikan investasi pariwisata Indonesia kepada Rusia mengingat besarnya potensi kerja sama kedua negara," kata Jose Tavares. Pernyataan itu disampaikan Dubes dalam acara bertajuk Russia–Indonesia Online Business Forum: "Digital Economy and Tourism Investment Opportunities”, yang digagas KBRI Moskow dengan Kementerian Pembangunan Ekonomi Federasi Rusia, Selasa (16/3). Forum bertujuan mendekatkan kalangan bisnis Rusia dan Indonesia dan meningkatkan hubungan bilateral bidang ekonomi digital dan investasi pariwisata.

“Besar harapan kami, business matching di penghujung Forum menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan antara komunitas bisnis kedua negara untuk promosikan kerja sama ekonomi Indonesia – Rusia," kata Dubes Jose Tavares.

Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menyebut ada prospek cerah di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) antara Indonesia dan Rusia dalam mendukung bidang seperti pendidikan, keamanan data, dan perbankan. Sementara Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, Vladimir Ilichyov, berharap terjadinya dialog yang produktif antara pebisnis kedua negara.