Jumat 19 Mar 2021 14:54 WIB

Nenek Asia-Amerika Diserang, Melawan dengan Tongkat

Polisi AS masih menyelidiki apakah insiden ini terkait dengan kejahatan rasial.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi aksi stop rasisme.
Foto: EPA/Brendan McCarthy
Ilustrasi aksi stop rasisme.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Seorang wanita tua berusia 76 tahun, Xiao Zhen Xie membuat seorang laki-laki yang hendak menyerangnya terpapar luka hingga dirawat di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Kamis (18/3) waktu setempat. Penyerangan terhadap orang Asia di AS ini terjadi di tengah peningkatan serangan terhadap komunitas Asia-Amerika sejak dimulainya pandemi Covid-19 tahun lalu.

Zhen Xie mengatakan, dia sedang menunggu di lampu lalu lintas untuk menyeberang. Laporan dari media lokal, KPIX mengutip nenek tersebut mengatakan bahwa seorang pria kulit putih memukul dengan kepalan tangannya mengenai dekat mata kiri sang nenek. Kemudian insting nenek itu muncul untuk membela diri.

Baca Juga

"Dia menemukan tongkat di sekitar daerah itu dan melawan," kata putri Zhen Xie, Dong-Mei Li seperti dikutip laman Al Arabiya, Jumat. Dia mengatakan, ibunya tidak bisa melihat dari mata kirinya dan dia belum bisa makan sejak serangan itu.

Polisi San Francisco tengah menyelidiki insiden tersebut sebagai penyerangan yang diperburuk. Informasi masih belum jelas apakah ras korban ada hubungannya dengan penyerangan itu. Dalam sebuah video yang dibagikan secara luas di media sosial, penyerang terlihat berdarah dan diborgol ke tandu saat dikelilingi oleh polisi.