Anggaran Riset UNS 2021 Capai Rp 51,6 Miliar

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

Gerbang Kampus UNS
Gerbang Kampus UNS | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Anggaran kegiatan riset di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun ini mencapai Rp 51,6 miliar. Anggaran tersebut berasal dari internal UNS sebesar Rp 36,3 miliar, serta hibah dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebesar Rp 15,3 miliar.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan, tahun lalu dana internal untuk kegiatan riset agak rendah, nominalnya sekitar Rp 22 miliar. Karenanya, tahun ini anggaran diperbesar untuk mendorong riset semakin bergeliat.

"Ada peningkatan anggaran ini salah satunya pemerintah berharap dengan status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) kegiatan riset-riset dan pengabdian juga harus naik," kata Jamal di sela-sela kegiatan pameran 36 produk di halaman gedung LPPM UNS, Jumat (19/3).

Selain itu, pemerintah mengharapkan agar output dari riset di PTNBH juga bertambah, baik itu dalam bentuk publikasi maupun hilirisasi.

Karena itu, diharapkan dengan adanya hilirisasi maka komersialisasi akan didapatkan. Jika komersialisasi bagus, maka diharapkan penghasilan yang didapatkan (revenue generated) juga bagus.

"Anggaran dari pemerintah dalam bentuk APBN untuk PTNBH berkurang, tapi non APBN bisa dari mahasiswa, kerja sama, Kementerian/ Lembaga dan pemerintah daerah, termasuk revenue generated. Dana-dana non APBN ditingkatkan salah satunya dengan hilirisasi," imbuh Jamal.

Di sisi lain, UNS berupaya melakukan sinergi dengan dunia usaha dan dunia industri untuk mencetak lulusan yang berkompeten. Langkah yang dilakukan antara lain, mendesain kurikulum bersama dunia usaha dan dunia industri. Kemudian, perwakilan dunia usaha dan dunia industri diundang untuk menjadi dosen tamu di UNS guna menularkan ilmu kepada para mahasiswa.

"Kampus tidak boleh hanya bicara teori-teori, tapi teori akan lebih kaya ketika ditambahi praktik. Kurikulim tidak boleh terlambat dengan perkembangan dunia usaha dan dunia industri," kata Rektor.

 

Terkait


Anggaran Riset UNS 2021 Capai Rp 51,6 Miliar

Jokowi Dorong UNS Kembangkan Inovasi dan Kreativitas

Ini Saran Menristek untuk Siasati Keterbatasan Dana Riset

UNS Kembangkan Tiga Alat Penanganan Pasien Covid-19

Bank Mandiri Serahkan Empat Unit Mobil Listrik pada UNS

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark