Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bermalas-malasan Bisa Jadi Pintu Iblis Goda Umat Manusia

Ahad 21 Mar 2021 17:30 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Iblis akan menggoda umat manusia dari beragam pintu termasuk malas. Ilustrasi malas

Iblis akan menggoda umat manusia dari beragam pintu termasuk malas. Ilustrasi malas

Foto: Republika/Musiron
Iblis akan menggoda umat manusia dari beragam pintu termasuk malas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Nafsu ammarah 'bi as-su  (yang menyuruh kepada keburukan) itu merupakan musuh manusia selain iblis. 

 

Setan bertambah kuat dengan hawa nafsu dan syahwatnya karena hawa nafsu adalah senjata yang digunakannya untuk memburu mangsanya.  

Baca Juga

Syekh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman dalam bukunya Irsyadul Ibad (Nasihat-Nasihat Peningkat Amal untuk Bekal Akhirat) mengatakan, tidak ada yang menjerumuskan iblis ke dalam kesombongan dan kedurhakaan selain karena dia mengikuti nafsu. 

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf ayat 53: إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ "Sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan." 

Maka dari itu, kata  Syekh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman, janganlah kita terpedaya dengan angan-angan dan tipu daya. Di antara watak jiwa tertipu daya setan adalah merasa aman, berleha-leha, lesu, malas, dan lemah. "Karena itu, ajakan hawa nafsu itu batil dan segala sesuatu yang berasal darinya adalah tipudaya," katanya. 

Syekh Abdul Aziz bin Muhammad bin Salman mengatakan, jika kita ridha dengannya dan mengikuti ajakannya niscaya kita akan celaka. Jika engkau lalai dalam mengintropeksinya maka engkau akan tenggelam.  

"Jika engkau tidak sanggup menyelisihinya dan menuruti keinginannya, niscaya ia akan menggiringmu ke neraka," katanya. 

Karena hawa nafsu adalah pangkal segala bencana dan sumber kekejian. Ia adalah perbendaharaan iblis dan tempat tinggal segala keburukan, dan tidak ada seorangpun yang mengetahui hakikatnya selain Penciptanya. "Kita berlindung kepada Allah SWT dari kejahatannya," katanya.  

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile