Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

2 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Persediaan Pangan Warga Badui Melimpah di Tengah Pandemi

Senin 22 Mar 2021 16:12 WIB

Red: Agung Sasongko

Warga Badui Dalam

Warga Badui Dalam

Foto: ANTARA
Masyarakat Badui hingga kini belum pernah mengalami kerawanan pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persediaan pangan masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten melimpah di tengah pandemi Covid-19. "Kami menyimpan persediaan pangan untuk konsumsi anggota keluarga relatif cukup," kata Santi (40), seorang ibu rumah tangga warga Baduy saat ditemui di Kampung Kadu Ketug Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Senin (22/3).

Masyarakat Badui hingga kini belum pernah mengalami kerawanan pangan maupun kelaparan, karena setiap tahun bisa memanen padi huma di ladang.Panen padi huma itu, nantinya puluhan sampai ratusan ikatan gabah disimpan melalui rumah lumbung atau "leuit", di mana leuit itu sebagai sumber rumah ketersediaan pangan.

Baca Juga

Masyarakat Badui jika pailit akibat terserang hama penyakit tanaman yang mengakibatkan gagal panen, tentu persediaan gabah yang ada di leuit dapat memenuhi kebutuhan konsumsi pangan keluarga."Semua permukiman Badui itu banyak leuit-leuit yang biasanya didirikan di belakang rumah guna memenuhi ketersediaan pangan," katanya menjelaskan.

Warga lainnya,Kudil (45) warga Badui yang juga tetangga Santi mengaku dirinya hingga kini persediaan pangan melimpah dan tidak pernah membeli beras, bahkan bantuan sembako dari Kemensos berjalan lancar.

 

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile