Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pemkot Jakpus Jemput Lansia yang Ingin Vaksin

Selasa 23 Mar 2021 02:53 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada lansia.

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada lansia.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Satpol PP dikerahkan untuk mendatangi lansia, dan mengantar mereka ke lokasi vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) melakukan penjangkauan terhadap warga lanjut usia (lansia) sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 yang kini baru mencapai 50.400 warga lansia atau 40 persen dari target sasaran.

 

Wali Kota Jakpus, Dhany Sukma menjelaskan, kendala vaksinasi terhadap warga lansia, salah satunya dibutuhkan verifikasi dan validasi terhadap data tunggal yang digunakan, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) berdasarkan data Dinas Dukcapil DKI. Validasi dan verifikasi data dilakukan karena NIK tidak bisa mendeteksi keberadaan penduduk di wilayah tersebut secara de facto.

"Makanya yang harus diupayakan bagaimana melakukan penjangkauan untuk orang-orang yang secara de facto ada di sana untuk kelompok lansia," kata Dhany saat dihubungi di Jakarta, Selasa (23/3).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali menjelaskan, pihaknya terus melakukan upaya percepatan vaksinasi bagi warga lansia. Salah satunya dengan membuat sentra vaksin di tingkat kelurahan, sehingga memudahkan dan memberi akses warga lansia.

Selain itu, sambung dia, lurah juga diminta aktif melakukan 'jemput bola' terhadap warga yang belum divaksin, seperti mendatangi lansia dengan mobil Satpol PP. "Kita minta semua di kelurahan terutama membuat sentra vaksin. Ini penanganan vaksin Covid-19 sudah mirip dengan kedaruratan. Jadi kami minta di wilayah kecamatan dan kelurahan proaktif," kata Marullah, beberapa waktu lalu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kecamatan Sawah Besar, Darwin Silitonga menjelaskan, pihaknya telah menurunkan armada untuk melakukan penjemputan terhadap lansia di sejumlah kelurahan. Dalam satu hari, sambung dia, Satpol PP Sawah Besar melakukan penjemputan lansia dari tiga kelurahan, seperti Gunung Sahari, Karang Anyar, dan Pasar Baru.

Mereka nantinya diantar menuju lokasi vaksinasi massal di GOR Kecamatan Sawah Besar. "Dalam sehari paling tidak ada tiga kali penjemputan dari kelurahan yang berbeda. Sekali menjemput, ada delapan warga lansia dan kami tunggu mereka divaksin untuk kami antar pulang lagi ke kelurahan setempat," kata Darwin.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile