Dewa Kipas Mendapat Pelajaran Berharga dari GM Irene

Red: Elba Damhuri

Pertarungan GM Irene Kharisma Sukandar (kanan) dengan Dewa Kipas.
Pertarungan GM Irene Kharisma Sukandar (kanan) dengan Dewa Kipas. | Foto: Youtube Deddy Corbuzier

REPJOGJA.CO.ID -- Oleh Reja Irfa Widodo

Dewa Kipas mendapat pelajaran berharga dalam laga apik persahabatan dengan Grand Master Irene Kharisma Sukandar. 

Baca Juga

Publik menjadi tahu seberapa dalam kemampuan main catur sang Dewa Kipas yang sebelumnya sempat ribut dengan pecatur internasional Amerika Serikat (AS) dengan nama GothamChess.

Namun, di balik segala kontroversi dan tudingan miring tentang kemampuannya bermain catur, Dewa Kipas mendapat sambutan luar biasa dari publik Indonesia. 

Kiprah Dewa Kipas Alias Dadang Subur

Nama Dewa Kipas alias Dadang Subur mendadak menggema begitu keras di dunia percaturan. Dadang --yang bukan siapa-siapa di dunia catur-- mengalahkan master catur internasional Amerika Serikat (AS), Levy Rozman alias GothamChess dalam duel di chess.com.

Bukan puja puji yang diraih sang Dewa Kipas usai menaklukkan GothamChess. Ia malah dicaci maki, diteriaki curang, dan akun Dewa Kipas di chess.com pun ditutup.

Netizen Indonesia pun berontak, melawan 'ketidakdilan' ini. Levy Rozman jadi objek serangan. Juga chess.com. 

Levy berdalih ditutupnya akun Dewa Kipas bukan karena dia kalah dan memerintahkan fansnya untuk melaporkan ke chess.com. 

"Jika melihat rekam jejaknya, akun itu menang 27 kali berturut-turut dan akurasinya, 98,99,97. Tidak ada pemain catur yang bisa melakukan hal itu," kata Levy alias GothamChess.

Dan tiba-tiba saja dunia catur Indonesia bergairah keras, meski dengan cara yang sangat unik dan aneh. 

Momentum unik dan aneh ini yang kemudian dimanfaatkan Youtuber Deddy Corbuzier untuk memanggungkan Dewa Kipas versus GM Irene Kharisma Sukandar. Irene adalah pecatur pertama Indonesia yang meraih Grand Master Internasional Wanita (GMWI). 

Sejak kecil Irene sudah mengikuti kejuaraan catur nasional dan internasional. Beragam gelar dan juara pun sudah dia rebut.

Digelarlah Pertandingan Persahabatan GM Irene Sukandar versus Dewa Kipas dengan promotor dan inisiator Deddy Corbuzier pada 22 Maret 2021. Gala big match ini pun disiarkan live di Youtube Deddy Corbuzier.

Hadiahnya pun dahsyat: Rp 200 juta untuk pemenang dan Rp 100 juta untuk yang kalah. Kalah atau menang tetap bikin bahagia.

Disaksikan sampai 1,25 juta penonton, GM Irene pun sukses memenangkan dwitarung catur ini. Irene mengalahkan Dewa Kipas dengan skor 3-0 dari empat babak yang direncanakan.

Dalam pertarungan pertama, menggunakan pertahanan Caro Kann, Dewa Kipas membuat blunder dengan mengorbankan peluncur tanpa kompensasi di babak tengah. Blunder peluncur hitam dimakan menteri putih ini menjadi awal Dewa Kipas menyerah dari Irene.

Di pertandingan babak kedua, memegang bidak putih, Dewa Kipas yang awalnya unggul waktu dan bertarung sengit pada pertengahan, kemudian membuat blunder di pengujung pertandingan. 

Dewa Kipas lebih agresif untuk bisa membalas kekalahan pada babak pertama. GM Irene memilih lebih bertahan dan bersabar. Hingga kedua pecatur telah menyelesaikan empat menit, duel masih berlangsung seimbang. 

Irene sempat terdesak lantaran langkah yang dilakukan Dewa Kipas dengan memajukan pion kuda pada pertengahan babak. Bahkan, dari segi waktu, Dewa Kipas unggul dua menit dari Irene.

Kendati begitu, secara perlahan, Irene bisa bangkit dan berbalik mengancam pion menteri dan peluncur Dewa Kipas. 

Irena juga berbalik unggul satu menit dari segi waktu pikir. Dewa Kipas akhirnya menyerah setelah salah satu peluncurnya dimakan oleh bidak hitam milik Irene.

Di babak ketiga, memegang bidak hitam, Dewa Kipas membuat blunder awal di langkah ke-21 yang membuatnya kalah kualitas karena kehilangan gajah dan benteng ditukar dengan kuda dan gajah. Dewa Kipas akhirnya membuat blunder lagi dan menyerah.

Dadang Subur mengaku tak biasa bertanding catur dalam rentang waktu 10 menit. Dadang sempat mengira bakal berhadapan dengan GM Irene dalam satu pertandingan dengan durasi yang cukup panjang. 

Namun, Dadang akhirnya harus berhadapan dengan Irene hanya dalam waktu 10 menit per babak. Duel tersebut memang digelar dalam empat babak, yang masing-masing babak berdurasi 10 menit dengan jeda antarbabak selama lima menit.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Babak Baru Sang Dewa Kipas

Mengenal Pertahanan Caro Kann yang Dipakai Dewa Kipas

GM Susanto: Level Dewa Kipas Masih Jauh dari GM Irene

Dewa Kipas Akui tak Biasa Berduel Catur dalam 10 Menit

GM Irene Bukan Lawan Sepadan Dewa Kipas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark