Selasa 23 Mar 2021 17:30 WIB

Jadi Capres Pilihan Anak Muda, RK: Medsos Ngaruh Banget

Ridwan Kamil mengaku tak pernah gunakan buzzer untuk dongkrat elektabilitasnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengomentari hasil survei yang menempatkan dirinya sebagai satu dari tiga tokoh calon presiden (capres) pilihan anak muda. Menurutnya hal itu tak terlepas dari pengaruh media sosial (Medsos).

"Medsos ngaruh banget. Jadi kalau kita rajin mengabarkan pencapaian-pencapain apresiasi itu pasti muncul. Di era milenial baliho moal payu (tidak akan laku,red)," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Senin (23/3).

Baca Juga

Emil mengatakan, adanya hasil survei ini tak akan mengubah kinerjanya. Emil bersyukur kinerjanya diapresiasi dengan naiknya elektabilitas dirinya.

"Ya saya mah hatur lumayan weh. Saya tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak ngebuzzer-buzzer, tidak. Tapi kalau diapresiasi secara elektoral ya Alhamdulillah," ucapnya.

Saat ditanya tentang calon lainnya yang tinggi dari hasil survei seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Emil menganggapnya bukan saingan. "Buat saya semuanya calon mitra bukan saingan. Karena kalau capres itu bukan soal elektabilitas perseorangan namun pasangan," katanya.

Emil mengatakan, semua calon adalah mitra. Kalau Pilpres, ia tidak khawatir. Karena yang penting itu elektoral pasangan. "Kalau individu mah bukan balapan ini mah. Apakah nomor 1 dan nomor 2, lalu 2 dan 3, 2 dan 4, nah kalau itu dielektoralkan, baru itu ilmiah karena saling mengkontribusi. Tapi kalau dihitung satu-satu mah kan tipis kan gak jomplang 10 persen atau berapa," katanya.

Sebelumnya, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei pilihan anak muda terhadap calon presiden pilihannya, nama Anies Baswedan menjadi pilihan terbanyak di antara 17 nama lainnya. Berdasarkan hasil survei itu, Anies mendapatkan pilihan sebesar 15,2 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 13,7 persen dan Ridwan Kamil 10,2 persen.

Survei yang dilakukan pada kurun waktu 4 hingga 10 Maret 2021 dengan metode simple random sampling dan melibatkan 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement