Rabu 24 Mar 2021 12:57 WIB

Mantan Bek Chelsea Percaya Kapasitas Kepelatihan Mourinho

Manajemen Mourinho tergantung pada cinta yang kuat, bukan karena dendam.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan bek Chelsea John Obi Mikel mengatakan, Jose Mourinho adalah orang yang membuatnya berkembang selama berada di Stamford Bridge. Obi Mikel mengaku melihat dengan tepat apa yang coba dilakukan oleh pelatih Tottenham Hotspur itu saat ini.

Menurut Mikel, Mourinho berada dalam situasi yang sama seperti saat menangani dan sukses di Chelsea beberapa tahun lalu. "Dia tidak hanya membantu saya dari segi sepak bola, dia adalah salah satu orang yang membantu saya tumbuh," kata Mikel dikutip dari Tribal Football, Rabu (24/3).

Sehingga, kata Mikel, tidak ada yang perlu dipusingkan lagi. Pemain hanya perlu bangkit. Dan menurutnya, cara Mourinho untuk membuat pemain bangun tidak begitu menyenangkan.

Mourinho, kata Mikel, akan membuat pemain berkeringat dan menghukum pemain dengan cara yang berbeda."Dia akan membuatmu membayar di tempat latihan. Dia akan mengisolasimu, dia akan mengeluarkanmu dari tim, skuad. Dia akan mengeluarkanmu dari latihan," jelasnya.

Mikel menegaskan manajemen manusia Mourinho tergantung pada cinta yang kuat, bukan karena dendam. Dan itu karena dia sangat peduli pada pemain dan benar-benar ingin mereka menjadi pemain yang diinginkannya karena dia tahu pemain tertentu memiliki kualitas itu di dalam dirinya.

"Ketika saya melihatnya terjadi pada pemain lain, saya tahu persis apa yang dia lakukan. Dia menginginkan reaksi. Dia akan melakukannya lagi dan lagi sampai dia mendapatkan reaksi yang dia inginkan," kata Mikel. "Anda hanya harus menerimanya secara positif. Saat Anda menerimanya dengan cara yang buruk dan dia dapat melihat Anda telah melakukannya, itu akan menjadi semakin buruk."

Menurut Mikel, jika Mourinho memberi pemain tertentu sedikit pukulan dan pemain itu merespons secara positif, maka Mourinho akan ada di sana untuk membantunya selama masa-masa sulit itu. "Saya berharap para pemain mengerti apa yang dia coba lakukan. Dan itu berhasil," tegasnya.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement