Rabu 24 Mar 2021 15:55 WIB

Kota Sukabumi Lombakan Inovasi Layanam Publik

Menjadi tantangan berat membongkar kebiasaan lama dan memunculkan kemudahan layanan

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri presentasi dan wawancara top 6 Kompetisi Inovasi Kota Sukabumi (KIKS) 2021 di Balai Kota Sukabumi, Rabu (24/3).
Foto: riga nurul iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri presentasi dan wawancara top 6 Kompetisi Inovasi Kota Sukabumi (KIKS) 2021 di Balai Kota Sukabumi, Rabu (24/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi melombakan inovasi layanan publik yang diajukan setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Di mana ada sebanyak 65 inovasi unggulan yang diluncurkan dan enam inovasi diantaranya terbaik yang masuk top 6.

Lomba inovasi ini dikemas dalam acara Kompetisi Inovasi Kota Sukabumi (KIKS) 2021 yang memasuki tahap presentasi dan wawancara di Balai Kota Sukabumi, Rabu (24/3)."Kami menyadari benar saat ini pemda didorong untuk terus melakukan perbaikan layanan publik dalam konteks reformasi birokrasi dan memudahkan warga dalam mengakses layanan," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Di mana hal ini menjadi tantangan berat bagi pemda dalam membongkar kebiasaan lama dan berpacu dalam memunculkan kemudahan bagi warga. Sebab inovasi sejatinya memudahkan warga akses layanan.

Inovasi yang baik kata Fahmi, adalah mengajak warga terlibat secara aktif karena pembangunan bukan hanya tugas pemda melainkan sekuruh elemen terkait. Namun pemda memiliki komitmen menindaklanjuti dengan semangat reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah pusat, misalnya setiap SKPD minimal 1 inovasi.