Kamis 25 Mar 2021 19:20 WIB

Kopi Bantu Tingkatkan Jumlah Lemak Dibakar Saat Olahraga

Minum kopi 30 menit sebelum olahraga bisa meningkatkan oksidasi lemak.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi para pencinta kopi yang suka berolahraga. Sebuah penelitian baru menunjukkan, minum kopi 30 menit sebelum berolahraga dapat secara signifikan meningkatkan jumlah lemak yang dibakar tubuh saat berolahraga.

Para peneliti di Universitas Granada di Spanyol menemukan sebanyak 3 mg/kg kafein, atau kira-kira setara dengan espreso dapat meningkatkan oksidasi atau pembakaran lemak selama latihan. Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 15 pria, mereka juga menemukan bahwa efeknya lebih kuat di sore hari daripada di pagi hari. 

Penulis utama penelitian, Fransisco Jose Amaro-Gahete mengatakan anjuran berolahraga dengan perut kosong pada pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal lumrah. "Namun, rekomendasi tersebut mungkin kurang memiliki dasar ilmiah, karena tidak diketahui apakah peningkatan ini disebabkan oleh olahraga pada pagi hari atau karena tidak makan untuk jangka waktu yang lebih lama," kujarnya dilansir di laman Science Focus, Kamis (25/3). 

Dalam studinya, partisipan menyelesaikan tes latihan satu pekan sekali selama empat pekan lamanya. Mereka juga menstandarkan faktor lain seperti waktu yang berlalu sejak makan terakhir atau latihan fisik dan melanjutkan untuk menelan 3 mg/kg kafein atau plasebo pada pukul 08.00 dan 17.00.

Mereka mengonsumsinya sebelum naik sepeda latihan dan menyelesaikan latihan. Oksidasi lemak kemudian diukur.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein akut 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan terlepas dari waktu," kata Amaro-Gahete.

Dia mengatakan efeknya lebih kuat pada sore hari dibandingkan saat pagi hari. Ini bukan pertama kalinya ilmuwan olahraga mengidentifikasi secangkir kopi sebagai penambah performa sehari-hari.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan kafein dengan peningkatan ketahanan dan kewaspadaan, dan biasanya digunakan oleh atlet dan personel militer. Belum lagi orang tua yang kelelahan dan siswa yang mengejar tenggat waktu.

Dengan pembakaran lemak, diyakini bahwa kafein meningkatkan suhu inti tubuh. Dengan demikian, ini dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement