Kamis 25 Mar 2021 23:19 WIB

Sekolah Harus Memastikan Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Guru

Vaksinasi menjadi prasyarat agar kekebalan kelompok atau herd immunity.

Red: Andi Nur Aminah
 Seorang petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh seorang pria selama kampanye vaksinasi Covid-19
Foto: EPA-EFE/DEDI SINUHAJI
Seorang petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh seorang pria selama kampanye vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kepala Divisi Pengawas, Monitoring dan Evaluasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan bahwa sekolah harus memastikan pelaksanaan vaksinasi bagi guru. Selain kitu,orang tua murid dan para pekerja sekolah sebelum pembelajaran di kelas mulai dilakukan.

"Agar saat kembali ke aktivitas normal baru, sekolah tidak kecolongan. Vaksinasi menjadi prasyarat, baik untuk yang telah sekolah maupun yang akan mendaftar kelak," kata Jasra di Jakarta, Kamis (25/3).

Baca Juga

Vaksinasi menjadi prasyarat agar kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus SARS-CoV-2 tercapai di lingkungan sekolah. "Agar keinginan mulia herd immunity yang disampaikan presiden dan praktisi kesehatan dapat dipastikan berlangsung di sekolah," katanya.

Ia meminta, Satgas Covid-19 sebagai garda terdepan pencegahan penularan Covid-19 wajib memastikan kesiapan sekolah agar kebahagiaan anak-anak bertemu dengan teman, guru dan lingkungan sekolahnya tidak berakhir menjadi kluster Covid-19 karena mengabaikan protokol kesehatan. Menurut dia, situasi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama setahun di Tanah Air membuat penyelenggaraan pendidikan tidak ideal, baik bagi sekolah, guru, orang tua siswa dan para siswa.