Rabu 03 Mar 2021 19:54 WIB

Korupsi Mengkhawatirkan, Wakil BPIP: Kita Bukan Pewaris VOC

Nilai-nilai Pancasila sudah sangat tepat untuk meminimalisir tindakan korupsi

Red: Budi Raharjo
Wakil Kepala BPIP Prof Dr Hariyono MPd.
Foto: bpip
Wakil Kepala BPIP Prof Dr Hariyono MPd.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA MALANG -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Seminar Pancasila di Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (3/3). Seminar hari pertama yang mengusung tema "Pancasila Sebagai Pencegah Tindakan Korupsi itu dibuka langsung Wakil Kepala BPIP Prof Dr Hariyono MPd.

Dalam keynote speaker-nya Ia menegaskan bangsa Indonesia bukan pewaris Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang runtuh karena budaya korupsi. "Ini yang barangkali stigma sejarah yang kita harus ungkap, bahwa kita bangsa Indonesia bukan pewaris VOC," ucapnya.

Dia juga menyebutkan dalam sidang BPUPKI, para pendiri bangsa memilih bentuk negara yaitu republik dan demokrasi supaya rakyat memiliki kedaulatan. "Pendiri bangsa memilih bentuk negara yang tepat, agar eksploitasi negara terhadap negara dan orang terhadap orang serta tindakan korupsi bisa diatasi," tegasnya.

Disamping itu berdasarkan pembukaan Undang-undang 1945 visi kebangsaan kita adalah merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur. "Apa mungkin kita bisa adil, bisa makmur, bisa berdaulat kalau perilaku korupsi masih sangat kuat," ucapnya.