Ahad 28 Mar 2021 11:07 WIB

Pakar Minta Penyintas Covid-19 Segera Vaksinasi, Alasannya?

Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.
Foto: Flickr
Pakar sebut vaksin Covid-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ilmuwan yang merupakan asisten Profesor Klinik Imunologi, Universitas Carolina Selatan, Jennifer T Grier, meminta semua masyarakat yang telah memiliki kesempatan untuk vaksin Covid-19 untuk segera mendapatkan vaksinnya. Termasuk orang-orang yang pernah terinfeksi virus pandemi tersebut.

Dalam tulisannya yang dilansir laman The Conversation, Ahad (28/3), dia menyebut vaksin COVID-19 menghasilkan respons antibodi dan sel T. Kedua hal ini jauh lebih kuat dan lebih konsisten daripada kekebalan dari infeksi alami.

Baca Juga

"Satu studi menemukan, empat bulan setelah menerima dosis pertama vaksin Moderna, 100 persen orang yang diuji memiliki antibodi terhadap SARS-CoV-2.  Ini adalah periode terpanjang yang dipelajari sejauh ini," tulis Grier dalam laman itu.

Dia melanjutkan, dalam sebuah penelitian yang mengamati vaksin Pfizer dan Moderna, tingkat antibodi juga jauh lebih tinggi pada orang yang divaksinasi, dibandingkan mereka yang telah pulih dari infeksi. Lebih baik lagi, kata dia, sebuah penelitian di Israel menunjukkan bahwa vaksin Pfizer memblokir 90 persen infeksi setelah kedua dosis, bahkan dengan varian yang ada pada populasi.