Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Desktop leisure detail topline

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_topline

Bakar Lemak dengan Minum Kopi 30 Menit Sebelum Olahraga

Ahad 28 Mar 2021 11:28 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Jika Anda rutin berolahraga, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menyarankan Anda harus minum kopi sebelum berolahraga.

Jika Anda rutin berolahraga, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menyarankan Anda harus minum kopi sebelum berolahraga.

Foto: Wikimedia
Namun, syarat untuk bakar lemak, kopi harus kental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda rutin berolahraga, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menyarankan Anda harus minum kopi sebelum berolahraga. Namun, kopi yang diminum harus kopi kental.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein akut 30 menit sebelum melakukan tes latihan aerobik meningkatkan oksidasi lemak maksimum selama latihan terlepas dari waktu," kata Francisco José Amaro-Gahete, seorang profesor fisiologi di Universitas Granada Spanyol, dan penulis utama studi ini seperti dilansir dari laman Eat This, Ahad (28/3).

Untuk penelitian tersebut, para peneliti di Universitas Granada berangkat untuk menyelidiki lebih lanjut efek kopi pada olahraga. Mereka bereksperimen pada 16 pria dengan usia rata-rata 32 tahun, yang menyelesaikan "tes olahraga empat kali dengan interval tujuh hari". Para peserta meminum sejumlah kafein atau plasebo.

Studi tersebut menyebutkan bahwa kira-kira 3 mg kafein per kg massa tubuh adalah jumlah yang meningkatkan laju pembakaran lemak. Sebagai referensi, hal itu berarti pria seberat 170 pon harus minum 231 mg kafein setengah jam sebelum berolahraga. Para peneliti mencatat ada batasan manfaat kafein dalam membakar lemak.

Desktop leisure detail text

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_text

"Dosis kafein yang sangat tinggi (misalnya 9 mg per kg) dikaitkan dengan insiden efek samping yang tinggi dan tampaknya tidak diperlukan untuk menimbulkan efek ergogenik," tulis penelitian tersebut.

Para ilmuwan juga menyimpulkan  efek konsumsi kafein pada pembakaran lemak Anda lebih menonjol saat olahraga dilakukan di sore hari, bukan di pagi hari. Menurut penelitian, manfaat kecil hingga sedang dari penggunaan kafein termasuk, tetapi tidak terbatas pada daya tahan otot, kecepatan gerakan dan kekuatan otot, lari cepat, melompat, dan kinerja melempar, serta berbagai macam olahraga aerobik dan anaerobik- tindakan tertentu.

Studi ini juga mencatat kafein dapat meningkatkan kinerja dalam olahraga tertentu seperti bola basket, sepak bola, bola voli dan ski lintas alam. Temuan menunjukkan bahwa kombinasi asupan kafein akut dan latihan aerobik yang dilakukan pada intensitas sedang di sore hari memberikan skenario optimal bagi orang yang ingin meningkatkan pembakaran lemak selama latihan fisik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

Desktop leisure detail berita terkait

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_berita_terkait
 

BERITA LAINNYA

 

Desktop leisure detail right 1

Edit
IDR 4.000.000
desktop_leisure_detail_right_1
 
 

Desktop leisure detail right 2

Edit
IDR 3.500.000
desktop_leisure_detail_right_2
 

Desktop leisure detail right 3

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_right_3
 

Desktop leisure detail right 3

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_right_3

Desktop leisure detail right 4

Edit
IDR 2.500.000
desktop_leisure_detail_right_4

Desktop leisure detail bottom Frame

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_bottom_Frame