Ahad 28 Mar 2021 11:33 WIB

Pentingnya Vitamin D Bagi Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin D berdampak jelas pada ketegangan mata.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kekurangan vitamin D berdampak jelas pada ketegangan mata.
Foto: Telegraph
Kekurangan vitamin D berdampak jelas pada ketegangan mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada masa bekerja dari rumah (WFH), kelelahan mata karena frekuensi layar tak dapat dihindari. Namun, orang mungkin telah mengabaikan salah satu faktor terpenting yang memengaruhi kesehatan saat bekerja dari rumah.

Salah satu faktor itu adalah cahaya yang mendukung untuk aktivitas bekerja di dalam ruangan. Vision Direct mensurvei 2.000 orang dewasa di seluruh Inggris tentang pengaturan kantor pusat mereka, dan menemukan beberapa tanggapan.

Baca Juga

Sebanyak 45 persen responden mengatakan ruangan tempat kerja mereka mengandalkan cahaya alami yang 'terbatas'. Hal ini berarti orang-orang kemungkinan tidak mendapatkan dosis vitamin D harian mereka.

“Dianggap sebagai "vitamin sinar matahari", vitamin D berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental kita. Ini membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang penting untuk membantu mengembangkan dan memelihara tulang dan gigi yang kuat,” tulis laporan dilansir Fitaandwell, Ahad (28/3).

Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi menurut penelitian. Vitamin sinar matahari tentu menjadi lebih penting dalam masa lockdown.

Kurang vitamin D berdampak pada risiko yang jelas, yaitu ketegangan mata. Studi Vision Direct menemukan 43 persen [responden] mengungkapkan bahwa mereka mengalami mata lelah dan sakit kepala, akibat pencahayaan yang buruk di ruang kerja mereka.

Di sisi lain, sangat penting untuk menjauhkan perasaan cemas atau depresi. Orang dapat mensimulasikan pencahayaan dengan menggunakan lampu SAD. Lampu ini dirancang untuk melawan efek depresi dari gangguan afektif musiman (SAD tituler), yang kadang-kadang dikenal sebagai "depresi musim dingin". Namun, lampu SAD terbaik juga dapat digunakan untuk meniru cahaya alami di lingkungan kantor.

Saat mencari lampu yang tepat, pastikan dapat mengubah posisi dan kecerahan lampu, sekitar 2700 kelvin biasanya dianggap sebagai "putih lembut" terbaik untuk pekerjaan jangka panjang. Di atas semua itu, pastikan juga memiliki jeda layar secara teratur, pergi keluar jika memungkinkan. Memilih lampu meja terbaik juga sangat penting untuk bekerja dari rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement