Ahad 28 Mar 2021 23:14 WIB

TNI: Aktivitas Masyarakat di Intan Jaya Berangsur Normal

Intan Jaya menjadi pusat aktivitas kelompok bersenjata dalam beberapa bulan terakhir.

Red: Ilham Tirta
Tim TGPF Intan Jaya.
Foto: Antara
Tim TGPF Intan Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Komandan Yonif 501/BY Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya mengaku secara bertahap aktifitas masyarakat di beberapa kawasan di Kabupaten Intan Jaya berangsur normal. Seperti diketahui, wilayah tersebut menjadi pusat aktivitas kelompok bersenjata dalam beberapa bulan terakhir.

"Memang benar saat ini secara berangsur-angsur aktivitas masyarakat kembali normal dan itu bukan hanya di Sugapa yang merupakan ibu kota kabupaten, tetapi juga di daerah sekitarnya seperti di Mamba. Kampung Mamba sendiri berjarak sekitar tiga kilometer dari Sugapa," kata Letkol Inf Yudha, Ahad (29/3).

Dia mengakui saat pertama tiba di Sugapa pada 23 Pebruari lalu, anggota berupaya membaur dengan masyarakat mengingat tugasnya adalah mengamankan mereka dari berbagai gangguan. Anggota yang bertugas di Kampung Mamba memberikan bantuan makanan ringan ke warga yang ditemui serta bagi prajurit yang beragama Kristen ikut ibadah Ahad di gereja yang di kampung tersebut.

"Kegiatan sosial itu dilakukan untuk mendekatkan prajurit dengan warga sekaligus memberikan rasa aman ke masyarakat," kata Yudha seraya berharap situasi keamanan di berbagai wilayah di Intan Jaya senantiasa kondusif.