Senin 29 Mar 2021 10:14 WIB

Mengedukasi Warga di Situ Bagendit Garut Sadar Wisata

Kawasan Situ Bagendit sedang dibangun infrastrukturnya tapi pembangunan manusia belum

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (3/11).
Foto: Diskominfo Kabupaten Garut.
Suasana Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (3/11).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kawasan wisata Situ Bagendit di Kabupaten Garut saat ini sedang dalam proses penataan ulang. Anggaran sebesar Rp 82 miliar telah digelontorkan untuk menjadikan kawasan itu sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

Sejumlah mahasiswa yang tergabung Movement Society berinisiatif untuk mendukung penataan ulang kawasan Situ Bagendit dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah itu sadar wisata. Salah satunya dengan memberikan bekal keterampilan bahasa asing kepada masyarakat sekitar.

"Kawasan itu kan sedang dibangun infrastruktur, tapi pembangunan manusianya belum tersentuh. Kan sayang kalau nanti masyarakat di sekitar situ hanya jadi penonton," kata salah satu inisiator gerakan itu, Irfan Apriansyah kepada Republika, awal pekan lalu.

Harapan dari gerakan itu tak lain untuk menyiapkan masyarakat sekitar untuk sadar wisata. Tujuan akhirnya, keberadaan Situ Bagendit yang dicanangkan menjadi destinasi berkelas internasional dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.