Senin 29 Mar 2021 15:04 WIB

Catatan Bagi yang Ingin Umroh Saat Puasa Ramadhan

Keutamaan umroh saat puasa Ramadhan banyak diketahui umat Islam.

Rep: Puti Almas/ Red: Muhammad Hafil
Catatan Bagi yang Ingin Umroh Saat Puasa Ramadhan. Foto: Suasana jelang berbuka puasa Ramadhan di halaman Masjidil Haram, Makkah
Foto: RepublikaTV/Irfan Junaidi
Catatan Bagi yang Ingin Umroh Saat Puasa Ramadhan. Foto: Suasana jelang berbuka puasa Ramadhan di halaman Masjidil Haram, Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Keutamaan umroh saat bulan puasa Ramadhan menjadi hal yang diketahui hampir semua umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu keutamaan yang membuat ibadah ini sangat dinantikan adalah karena Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa pahala orang-orang yang melaksanakannya dapat menyamai orang yang menjalankan ibadah haji.

Pendiri Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Ahmad Sarwat, menjelaskan sabda Rasulullah SAW yang tertuang dalam hadits shahih muttafaqun 'alahi:

Baca Juga

“Bila datang Ramadhan, maka lakukanlah umroh. Karena umroh ketika Ramadhan itu (pahalanya) menyamai haji.” (HR Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Bahkan, umroh pada Ramadhan sangat istimewa karena senilai dengan haji bersama Nabi Muhammad SAW seperti yang dituangkan dalam lafal Bukhari lainnya yaitu : Sesungguhnya umrah ketika Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR Bukhari no 1863).