Senin 29 Mar 2021 16:13 WIB

Shevchenko Sesali Ukraina Gagal Maksimalkan Keunggulan

Ukraina ditahan imbang Finlandia 1-1 di Grup D kualifikasi Piala Dunia 2022

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Reaksi pelatih kepala Ukraina Andriy Shevchenko saat pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Ukraina dan Finlandia di Kiev, Ukraina, 28 Maret 2021.
Foto: EPA-EFE/Sergey Dolzhenko
Reaksi pelatih kepala Ukraina Andriy Shevchenko saat pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Ukraina dan Finlandia di Kiev, Ukraina, 28 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pelatih timnas Ukraina Andriy Shevchenko menyesalkan timnya gagal memaksimalkan keunggulan pada laga Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Senin (29/3) dini hari WIB. Sempat unggul lebih dulu, gol telat timnas Finlandia membuat skor berakhir dengan imbang 1-1 

Berlangsung di Stadion NSC Olympiyskiy, Kiev, Senin (29/3) kedua tim baru bisa mencetak gol pada interval babak kedua. Ukraina unggul terlebih dahulu melalui gol Junior Moraes menit ke-80. Namun Teemu Pukki membalasnya jelang bubaran.

Baca Juga

"Saya pikir kami memiliki pertandingan yang bagus. Satu-satunya hal yang saya sangat tidak puas adalah menit-menit terakhir karena sejumlah kesalahan yang kami perbuat," kata Shevchenko, dilansir laman resmi timnas Ukraina, Senin (29/3).

Pertandingan berlangsung ketat pada laga di Kiev. Tuan rumah menguasai jalannya laga dengan persentasi 61 persen berbanding 39 persen milik Finlandia. Ruslan Malinovskiy dan kolega pun mencatat 12 tembakan ke gawang lawan.

Mantan penyerang AC Milan pun menambahkan, timnya gagal menjaga keunggulan lantaran kurang konsentrasi dan kerap membuat kesalahan yang dapat dieksploitasi oleh Finalndia.

"Kami memiliki pertandingan yang hebat, memiliki inisiatif, meski faktanya Finlandia bermain sangat baik dalam serangan balik. Kami memiliki penguasaan bola yang bagus, kami menciptakan momen. Namun di babak kedua kami mulai kehabisan energi," sambung Sheva.

Pada laga kali ini Sheva mengubah skema permainan Ukraian dari 4-3-3 ke 3-4-1-2. Beberapa pilar unggulan seperti Yevhen Konoplyanka, serta Mykola Shaparenko juga tak diturunkan.

Berkat hasil imbang tersebut Ukraina untuk sementara tertahan di peringkat tiga klasemen dengan perolehan dua angka dari dua pertandingan. Mereka tertinggal dua poin dari timnas Prancis yang duduk di kursi pertama.

Selanjutnya Ukraina akan berhadapan dengan tim kuda hitam Kazakhstan pada Kamis (1/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement