Senin 29 Mar 2021 19:24 WIB

Misi Pandora NASA Bakal Pelajari Atmosfer Planet Eksasurya

Misi Pandora akan diluncurkan bersamaan teleskop JWST.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Eksoplanet. ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ESO/L. Calcada
Eksoplanet. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada jutaan rahasia menyembunyikan atmosfer planet ekstrasurya. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ingin meluncurkan misi Pandora  untuk mengungkap hal tersembunyi itu. Misi akan diluncurkan pada waktu yang sama dengan James Webb Space Telescope (JWST). Teleskop JWST adalah observatorium generasi terbaru untuk pengamatan dalam spektrum inframerah.

Teleskop pemburu planet sudah banyak diluncurkan di masa lalu seperti Kepler, Spitzer, Hubble, dan bahkan TESS. Namun, ada satu masalah yang mengganggu teleskop pemburu planet termasuk tersebut.

Baca Juga

Bintang-bintang menghalangi dan membuatnya tampak seperti beberapa planet ekstrasurya yang transit memiliki karakteristik yang sebenarnya dimiliki oleh bintang-bintang itu. Apa yang bersembunyi di atmosfer planet-planet ini sebagian besar terlalu jauh untuk dikirim pesawat ruang angkasa.

"Transit memungkinkan kami mempelajari susunan atmosfer planet ekstrasurya dengan membandingkan ukuran bayangan planet ekstrasurya pada panjang gelombang atau warna cahaya yang berbeda," kata peneliti bersama Pandora, Benjamin Rackham, dilansir di SYFY WIRE, Senin (29/3).