Selasa 30 Mar 2021 16:41 WIB

Open House Bakrie Amanah 2021, Masyarakat Diminta Bangkit

Kegiatan Bakrie Amanah diharapkan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat

Red: Gita Amanda
Masa pandemi Covid-19, memberikan makna tersendiri bagi Bakrie Amanah sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kelompok Usaha Bakrie.
Foto: Bakrie Amanah
Masa pandemi Covid-19, memberikan makna tersendiri bagi Bakrie Amanah sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kelompok Usaha Bakrie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi Covid-19, memberikan makna tersendiri bagi Bakrie Amanah sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kelompok Usaha Bakrie. Dalam kegiatan Open House Bakrie Amanah 2021, masyarakat didorong untuk bangkit menghadapi pandemi.

Di tahun 2020, Bakrie Amanah dapat menghimpun dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) mencapai Rp 34.8 miliar atau meningkat sebanyak 90,69 persen dari penghimpunan tahun sebelumnya sebesar Rp 18.25 miliar. Dana tersebut telah didistribusikan kepada 304.499 penerima manfaat yang tersebar di 68 Kota dan Kabupaten, di 20 provinsi di Indonesia.

Baca Juga

Penyaluran dan pendayagunaan dana ZIS dan DSKL tersebut dikelola dalam 645 events dari 6 program inti Bakrie Amanah, meliputi Cerdas Untuk Negeri untuk program-program di bidang pendidikan, Sehat Untuk Negeri (kesehatan), Kemitraan Untuk Negeri (pemberdayaan ekonomi kerkayatan), Siaga Untuk Negeri (kebencanaan dan infrastruktur), Dakwah Untuk Negeri (Pembinaan Masyarakat)  dan Events Berbagi Kemanfaatan. Data tersebut terungkap dalam acara Open House Bakrie Amanah yang diselenggarakan secara daring Senin (29/3) lalu, yang diikuti oleh sejumlah donatur dan mitra kerja sama Bakrie Amanah baik dari Kelompok Usaha Bakrie ataupun di luar Kelompok Usaha Bakrie.

Hadir juga dari Forum Organisasi Zakat, wadah yang menghimpun organisasi-organisasi pengelola zakat (OPZ) di luar Baznas dan beberapa OPZ anggota Forum Organisasi Zakat.

photo
Masa pandemi Covid-19, memberikan makna tersendiri bagi Bakrie Amanah sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kelompok Usaha Bakrie. - (Bakrie Amanah)

Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Bakrie Amanah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport Bakrie Amanah selama ini. Menurut Anindya, bahwa saat ini kita semua sedang memasuki sebuah era yang belum pernah dialami oleh umat manusia di mana Pandemi Covid-19 ini meluluh lantakan pilar-pilar ekonomi dunia.

Untuk itu Anindya, mendorong agar seluruh kegiatan Bakrie Amanah dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat di saat yang sulit ini. Anindya juga berpesan kepada insan Bakrie untuk memperkuat kebersamaan di berbagai sektor, baik usaha ataupun aktivitas sosial.

“Inilah saat dimana kita harus memperlihatkan rasa kebersamaan kita untuk bangkit bersama," pungkas Anindya Bakrie.

Ditambahkan Ketua Yayasan Bakrie Amanah, Hendrajanto Marta Sakti menyampaikan bahwa pencapaian ini menunjukkan adanya kebersamaan di Kelompok Bakrie, khususnya di masa pandemi Covid-19. Lagi-lagi, menurutnya, persoalan demi persoalan yang melanda bangsa ini, dapat dipecahkan melalui kebersamaan.

“Untuk itulah, tahun 2021 ini, Bakrie Amanah mengusung tema kebersamaan sebagai satu dari 3 ucap Hedimensi dari TriMatra Bakrie dalam menjalankan program kerjanya. Kolaborasi yang telah dan akan dijalankan Bakrie Amanah adalah manifestasi dari nilai kebersamaan dalam TriMatra Bakrie, melengkapai Matra lainnya, yaitu Keindonesiaan dan Kemanfaaatan,” jelas Hendra yang akrab disapa Roy, seperti dalam siaran pers.

Sedangkan Wakil Ketua Pengurus Bakrie Amanah, Teguh Anantawikrama menjelaskan bahwa kolaborasi antara perusahaan dan lembaga yang ada di Kelompok Bakrie dapat dimaksimalkan dalam kontribusinya terhadap pembangunan bangsa Indonesia, baik dalam melaksanakan aktivitas bisnis dan juga dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan.

Sementara itu, mewakili Forum Organisasi Zakat (FOZ), Bambang Suherman selaku Ketua FOZ menyampaikan ucapan selamat kepada Bakrie Amanah atas kinerja yang telah dicapai oleh Bakrie Amanah di tahun 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement