Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

15 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Serangan Pria Bersenjata Tewaskan 30 Warga di Ethiopia

Kamis 01 Apr 2021 05:48 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Peta Ethiopia.

Peta Ethiopia.

Foto: Lonelyplanet.com/ca
Serangan itu ditargetkan kepada etnis Amhara di Ethiopia

REPUBLIKA.CO.ID, ADIS ABABA -- Seorang pria bersenjata menewaskan sekurangnya 30 warga sipil dan melukai 15 orang lainnya dalam serangan di Oromia, Ethiopia, Rabu (31/3) waktu setempat. Serangan itu ditargetkan kepada etnis Amhara yang memicu kekerasan etnis untuk menantang pemerintah federal.

Seorang saksi mata, petani Wossen Andaege (50 tahun) mengatakan, tetangganya tewas dalam serangan Selasa (30/3) malam di Zona Wollega Barat Oromia. Dia mengidentifikasikan para korban sebagai etnis Amhara.

Baca Juga

"Kami mengambil jenazah menggunakan mobil dan kami menguburkan 30 orang," ujar Wossen seperti dikutip laman Aljazirah, Kamis (1/4). Dia mengatakan, dia dan keluarganya mendengar suara tembakan dan kemudian melarikan diri ke kantor pemerintah terdekat untuk menunggu perlindungan dari pasukan federal.

Seorang penduduk distrik Babo-Gembel, tempat serangan itu terjadi mengatakan, bahwa orang-orang bersenjata tiba setelah pukul 21.00 waktu setempat. Mereka awalnya memaksa penduduk berkumpul di luar dalam satu kelompok dan menembak mati mereka.

"Tempat itu tidak memiliki perlindungan keamanan dari aparat keamanan pemerintah saat itu. Saya menemukan 29 jenazah tergeletak di satu area, sementara ada jenazah lain yang berserakan di area terdekat," kata pria penjaga di sebuah gereja Ortodoks, yang berbicara tanpa menyebut nama demi alasan keamanan.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile