Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Dosen UBSI Beri Seminar Tren Teknologi Selama Pandemi

Kamis 01 Apr 2021 09:52 WIB

Red: Budi Raharjo

Dosen UBSI Beri Seminar Tren Teknologi Selama Pandemi

Dosen UBSI Beri Seminar Tren Teknologi Selama Pandemi

Foto: ubsi
Tren teknologi online shopping meningkat drastis selama pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, Tegal -- Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak setahun lalu, membuat tren teknologi bermunculan. Pembatasan sosial yang berlaku ditengah masyarakat guna menekan penyebaran virus korona, membuat semua orang mulai bergantungan pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai tren teknologi pun mulai bermunculan selama pandemi. 

Dosen kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Tegal sukses menggelar seminar tren teknologi di era pandemi pada Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin Putri, Kabupaten Tegal. Kegiatan ini telah diselenggarakan pada, Sabtu (20/3). Rousyati selaku narasumber pada seminar ini mengatakan tren teknologi selama pandemi menjadi booming akibat banyaknya aktivitas yang dilakukan masyarakat selama hanya dirumah saja. 

“Sebelum pandemi, ada beberapa teknologi yang jarang dilirik, namun begitu terjadi pandemi dan pembatasan sosial, orang-orang ramai menggunakannya. Tren Teknologi yang booming di saat pandemi antara lain teknologi dan aplikasi-aplikasi telekonferensi, Telemedicine, Online Shopping, Hiburan Online dan Pembayaran digital,” ungkapnya dalam keterangan rilis, Rabu (14/3). 

Menurutnya, tren teknologi online shopping meningkat drastis selama pandemi. Gencarnya belanja online yang dilakukan oleh para netizen membuat perusahaan e-commerce berlomba-lomba menawarkan program agar menarik simpati masyarakat. 

“Tidak hanya belanja online, teknologi telekonferensi seperti zoom dan google meet pun meningkat drastis selama pandemi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan social distancing membuat masyarakat menjadikan teknologi telekonferensi sebagai salah media silaturahmi,” imbuhnya. 

Hiburan online pun menjadi salah satu teknologi yang digandrungi oleh masyarakat selama pandemi, sebut saja aplikasi media social yang marak digunakan. Streaming video, film, gaming, serta musik menjadi hiburan selama work from home (WFH). 

“Sebagai pengguna semua teknologi tersebut, kita juga harus memahami kebijakan yang berlaku, seperti bertanggung jawab dalam pemanfaatan internet dan media social secara tepat. Aman dari segala potensi kejahatan, bersifat inspiratif dan kreatif dalam menciptakan ekosistem digital yang produktif selama pandemi,” tutupnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile