Jumat 02 Apr 2021 08:45 WIB

Stok Cabai di Kaltim Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Kaltim sudah memasuki masa panen cabai.

Red: Ani Nursalikah
Stok Cabai di Kaltim Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri
Stok Cabai di Kaltim Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Disperindagkop dan UKM Kaltim) Yadi Robyan Noor memastikan stok cabai dalam kondisi aman menjelang bulan puasa (Ramadhan) dan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Yadi mengatakan ketersediaan komoditas cabai di Kaltim dinilai masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat hingga satu bulan ke depan. Selain itu, ketersediaan cabai di sentra pertanian cabai di Jawa Timur yang menjadi salah satu pemasok cabai ke Kaltim pun cukup tersedia.

Baca Juga

"Alhamdulillah, kami sudah cek langsung ke sentra pertanian cabai di Kabupaten Malang. Di sini sudah memasuki masa panen. Jadi stok cabai insya Allah aman," ujar Roby dihubungi dari Samarinda, usai meninjau kebun cabai di Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Kamis (1/4).

Peninjauan lapangan dilakukan di lahan Kelompok Tani Sri Rejeki, Desa Bocek dengan luas areal pertanian 350 hektare dan anggota kelompok tani 50 orang. Persediaan untuk semua berbagai jenis cabai masih cukup aman, baik cabai besar, cabai keriting maupun cabai tiung.