Jumat 02 Apr 2021 17:30 WIB

Serangan Teroris Pemicu Kebakaran Kilang Balongan: Hoaks!

Narasi serangan teroris sebabkan kebakaran Kilang Balongan menyebar di media sosial

Rep: Antara/ Red: Elba Damhuri
Sempat dinyatakan padam, titik api dan kepulan asap masih terlihat di Pertamina Balongan Indramayu, Jumat (2/4) pukul 09.00 WIB.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Sempat dinyatakan padam, titik api dan kepulan asap masih terlihat di Pertamina Balongan Indramayu, Jumat (2/4) pukul 09.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akun Terror Alarm, dalam unggahannya di Twitter, menyebut kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3) dini hari karena ada serangan teroris.

Berikut isi narasi berbahasa Inggris di Twitter yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia:

"BREAKING: Serangan teroris kedua di Indonesia: Ledakan besar dan api yang berkobar melanda kilang minyak Balongan di wilayah Indramayu, Indonesia. Banyak orang terluka dan tewas. #Indonesia." 

Unggahan pada 29 Maret 2021 itu telah dibagikan ulang sebanyak 651 kali dan disukai 1.452 pengguna lain Twitter.

Lalu, benarkah kilang minyak Balongan terbakar akibat serangan teroris?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

(QS. Al-Ma'idah ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement